Gue baru aja punya laptop baru berprocessor AMD yang gue beli sendiri dari hasil menang lomba blog. Nah, pembelian laptop kali ini cukup membuat gue mulai jadi AMD Enthusiast, atau intinya menjadi fan yang menggemari produk-produk AMD. Berbeda dengan laptop gue sebelumnya yang punya processor label biru, gue merasakan sesuatu yang benar-benar berbeda dengan AMD kali ini.

Dengan memiliki laptop atau PC bertenaga AMD, gue simpulkan bahwa kita bisa dapetin performa perangkat yang tinggi dan maksimal dengan hanya mengeluarkan uang yang relatif lebih hemat. Jujur aja, gue cukup puas dengan kinerja laptop gue sekarang ini. Processornya AMD A9-9420 berinti dua, dengan kecepatan 3.0GHz yang punya kecepatan turbo hingga 3.4GHz. Kalo disetarakan dengan processor sebelah, kinerjanya bisa disamakan dengan i3 generasi sedikit lebih baru atau i5 generasi terdahulu.

Sedangkan untuk grafisnya, ada Radeon R5 yang cukup mampu memainkan game-game rilisan 2012 atau lebih lama, atau game klasik dengan cukup baik, asalkan dengan settingan grafis rata kiri. Memang sih laptop yang gue punya bukan ditujukan untuk gamers, melainkan untuk keperluan office atau pemakaian komputasi intens sehari-hari. Dan rasanya, dengan spesifikasi sebaik ini, gue udah cukup puas dengan performa yang gue dapat.

Wow. Dengan budget yang pas-pasan, gue punya laptop yang lebih dari cukup kekuatannya untuk kebutuhan komputasi gue sehari-hari, yang mencakup multimedia, blogging, dan desain grafis ringan.

Dan ditahun 2018 ini, AMD semakin memperseru persaingan di jagat hardware laptop dengan mengeluarkan seri laptop terbaru yang kini ditanamkan processor terbaik mereka, yakni AMD Ryzen. Berbeda dengan versi desktop, performa sempurna Ryzen kini bisa dinikmati didalam laptop untuk kebutuhan gaming, desain, multimedia, hingga komputasi yang nyaris sempurna untuk sehari-hari.

BURUAN PAKE RYZEN.png

Edited & Designed by Pieter Mardi ©2018

Nah apabila kamu lagi nyari laptop dengan harga pas-pasan tapi pengen performa yang bagus, yap, kamu datang ke tempat yang tepat. Kali ini gue akan rekomendasikan beberapa Laptop #BeneranCepat bertenaga AMD Ryzen yang powerful untuk kebutuhan kamu. Ga usah khawatir mengeluarkan budget melimpah untuk rekomendasi gue kali ini, karena dengan 6 hingga 15 jutaan aja, kalian udah bisa punya laptop powerful bertenaga Ryzen 3 hingga 7.

AMD menjalin kerjasama dengan beberapa vendor laptop ternama, yakni Hewlett-Packard atau familiar disingkat dengan HP, dan beberapa vendor lain seperti Lenovo, dan Acer. Kerjasama dengan HP berbuahkan HP Envy x360 yang ditujukan untuk para designer, dan HP 14&15 Series untuk kalangan enthusiast. Dengan Lenovo, AMD menanamkan prosesor Ryzen-nya pada seri Lenovo Ideapad 720s dan Lenovo Yoga 530 yang juga ditujukan untuk para designer enthusiast dan gamers. Sedangkan dengan Acer, Swift 3 adalag seri laptop berotak Ryzen dengan harga terjangkau yang populer sekarang ini.

Mari kita ulas satu persatu, ya.

HP Envy x360

mulai dari Rp. 14.999.000

HP ENVY X360 2

Edited & Designed by Pieter Mardi ©2018

Laptop konvertibel dari HP ini cocok banget untuk para pengguna yang mendambakan laptop dengan body yang ramping dan tipis serta bisa dibawa kemana-mana untuk mendukung produktifitas. Laptop 2in1 ini didesain fleksibel yang bisa diputar 360 derajat khusus untuk kaum milennial dan content creator yang sangat dinamis serta kreatif, dan butuh akses kerja dimana saja kapan saja dengan mudah.

Performanya pun jangan diragukan lagi. Processor tercepat seri Zen dari AMD tentu ditanamkan dalam laptop ini. Tak lupa juga untuk mendukung kecepatannya, ada RAM sebesar 8GB yang bisa berjalan di mode Dual Channel. Biar lebih kekinian dan elastis menjalankan program berat, ada SSD sebesar 512GB yang bakal menaikkan performa Envy x360 lebih cepat lagi.

This slideshow requires JavaScript.

HP Envy x360 13” tersedia dalam dua variant dengan AMD Ryzen™ 7 2700U yang dibanderol seharga Rp 16.499.000 dan dengan AMD Ryzen™ 5 2500U yang dibanderol Rp 14.999.000. Nah, untuk konten kreator sejati, kalian juga bisa dapat bonus stylus gratis seharga 799ribu setiap pembelian Envy x360.

Dengan HP Envy x360, gak usah khawatir lagi deh tiap ngerender video. Karena dengan processor Ryzen-nya yang powerful serta didukung Kartu grafis Radeon Vega, membuat proses rendering semakin lega. Ini baru laptop #BeneranCepat!

Lenovo Ideapad 720S

mulai dari Rp. 12.999.000

Edited & Designed by Pieter Mardi ©2018

Ditenagai oleh Processor Ryzen™ Mobile dan juga dukungan Kartu Grafis Radeon™ RX Vega yang efisien daya, membuat seri 720S dari Lenovo kali ini berkesempatan mencuri tempat di hati kamu. Laptop ini punya body yang juga ramping serta ringan, tapi tetap punya kinerja hardware yang gahar.

Lenovo 720s dirilis dengan dua varian. Yang satunya dibekali prosessor Ryzen™ 7 2700U dengan kartu grafis Radeon™ Vega 10 dan varian lainnya ditanamkan Ryzen™ 5 2500U dengan kartu grafis Radeon™ Vega 8.

Spesifikasi singkat dari Lenovo IdeaPad 720s

  • Prosessor : Ryzen™ 7 2700U (4 Core, 8 Threads).
  • Kartu Grafis : Radeon™ RX Vega 10 (10 CU, Up to 1300 Mhz)
  • RAM : 8GB DDR4 2133Mhz
  • Storage : SSD 512GB M.2 NVMe
  • OS : Windows 10 version 1709

Lenovo IdeaPad 720s kini mampu menyuguhkan performa powerful untuk kegiatan professional maupun hiburan seperti gaming berkat eksistensi prosessor Ryzen™ Mobile. Hebatnya lagi,  Lenovo Ideapad 720S bisa dibilang adalah Laptop bertenaga prosessor Ryzen™ Mobile tertipis di dunia saat ini yang sanggup mengatasi kebutuhan harian, design professional, hingga gaming dengan kartu grafis Radeon™ Vega.

This slideshow requires JavaScript.

Sehingga laptop ini sangat gue rekomendasikan untuk professional, content creator dan para millennial yang membutuhkan laptop tipis, ringkas, dan ringan namun dengan kemampuan handal untuk menjalankan aplikasi multi-tasking, termasuk memainkan beberapa game terkenal dengan baik.

Dengan kualitas grafis yang diatas kertas yang bisa berdampak langsung dengan performa menciptakan kreatifitas tanpa batas, siapa yang bisa menolak Lenovo IdeaPad 720s ini?

HP 14 & 15 Series

mulai dari Rp. 6.299.000

Ngerjain Tugas HP 14

Edited & Designed by Pieter Mardi ©2018

Nah rekomendasi laptop kali ini lebih gue tujukan untuk mahasiswa yang punya kesibukan produktif selain ngerjain tugas. Nah dengan processor seri Ryzen yang ditanamkan pada laptop ini, yaitu Ryzen™ 3 2200U dan Ryzen™ 5 2500U, performanya udah lebih dari cukup untuk komputasi sehari-hari bagi kehidupan mahasiswa atau pelajar. Sedangkan untuk diajak bermain game, laptop ini bisa bawa pengalaman gaming yang baik ketika sedang digunakan.

Sebab dengan kombinasi prosessor “Zen” dan Radeon™ “Vega” Graphics yang merupakan kartu grafis terkuat saat ini di kelas APU Mobile, HP 14 & 15 Series tentu bisa diperhitungkan dalam sektor gaming. Pengguna bisa bekerja dan bermain game di perangkat mobile dengan performa optimal berkat kombinasi ideal ini.

This slideshow requires JavaScript.

Dengan design yang lebih slim, laptop ini juga didukung oleh RAM sebesar 4 GB bertipe DDR4 yang bisa kalian upgrade menjadi dual channel untuk performa lebih optimal. Untuk media penyimpanan, tersedia harddisk sebesar 1 TB ditambah 128 GB SSD khusus untuk laptop bervarian Ryzen™ 5 2500U.

Kombinasi Ryzen dan Vega membuat segala aktifitas office ataupun desain semakin seru, ditambah lagi ketahanan baterainya yang lumayan awet membuat penggunanya leluasa mengerjakan pekerjaannya dimanapun dan kapanpun. #BeneranCepat

Lenovo Yoga 530

mulai dari Rp. 11.499.000

LENOVO YOGA 530 FIX

Edited & Designed by Pieter Mardi ©2018

Berkonsep sama dengan HP Envy x360, kali ini Lenovo gak mau kalah untuk ngeluarin seri laptop konvertibel terbarunya yakni Lenovo Yoga 530. Yang unik dari seri ini ialah pemakaian kata Yoga yang ga biasa. Nah jika coba dikaitkan dengan laptop, kata Yoga sendiri mungkin berarti sebuah laptop yang fleksibel dibentuk sesuai keinginan penggunanya, tanpa mengurangi performa aslinya.

Lenovo Yoga 530 bisa digunakan dalam beragam mode untuk digunakan di diluar ruangan, mulai dari mode standar laptop, mode stand untuk memudahkan kegiatan browsing, mode tent untuk presentasi serta mode tablet untuk mempermudah kegiatan editing photo atau menggambar design dengan menggunakan Stylus.

Kalian juga tidak perlu khawatir akan masalah mobilitas dalam menggunakan berbagai mode ini, mengingat Lenovo Yoga 530 punya bentuk yang tipis dan bobot yang ringan. Cuma sebesar 0.6 inch dengan berat hanya 1.6 Kg saja. Untuk urusan daya tahan, Kita tetap bisa dibuat aktif kurang lebih selama 8 jam tergantung pemakaian dalam bekerja.

This slideshow requires JavaScript.

Disamping bentuknya yang sangat fleksibel, performanya juga gak boleh dipandang sebelah mata. Dengan processor terbaru AMD Ryzen™ 5 2500U berinti empat dan  8 buah  Thread, menyajikan kecepatan komputasi hingga 3.6 Ghz. Laptop ini udah cocok banget untuk multitasking karena ditanamkan RAM sebesar 8GB yang berjalan di konfigurasi Dual-Channel, serta SSD NVMe sebesar 256GB.

Lenovo Yoga 530 hadir sebagai laptop 2 in 1 Ryzen™ Mobile yang tangguh dan cepat untuk kegiatan multitasking dan efisien serta dilengkapi kartu grafis Radeon™ Vega terkini yang mendukung powerful untuk kegiatan olah grafis. Lenovo Yoga 530 juga dapat dijadikan dalam beberapa mode tipis serta ringan yang membantu dalam produktivitas dan mobilitas pengguna.  Cocok digunakan untuk berbagai kalangan terutama profesional dan juga para pembuat konten. #BeneranCepat

Acer Swift 3

mulai dari Rp. 9.299.000

Acer Swift 3 Beneran Cepat

Edited & Designed by Pieter Mardi ©2018

Acer Swift 3 hadir sebagai laptop yang banyak berikan fitur premium bagi penggunanya yang belum tentu ada di laptop lain dengan harga setara, seperti kehadiran fingerprint scanner, pelindung layar kuat berlapis Corning Gorilla Glass 3 dan juga adanya fitur Backlight Keyboard yang buat kita untuk tetap bisa bekerja dan produktif dalam keadaan ruang dengan pencahayaan kurang sekalipun.

Acer Swift 3 menawarkan layar lebar 15.6” dengan resolusi Full HD sehingga cocok banget untuk kalian yang demen nonton TV Series Netflix dengan kualitas tinggi dan sering berkutat melakukan pekerjaan  yang membutuhkan detail seperti editing konten foto atau video. Spesialnya,  walau menggunakan layar lebar, laptop ini tetap terasa ringan layaknya sebuah laptop standar dengan ukuran layar 14 inch.

Menyinggung soal performa, karena udah menggunakan tenaga AMD Ryzen Mobile Processor dengan grafis Radeon™ Vega terintegrasi tentunya laptop ini gak usah diragukan lagi performanya untuk kebutuhan bekerja ataupun bermain game terkini.

Menggunakan Processor AMD Ryzen 7 2700U dengan 4 inti serta 8 thread yang bisa berjalan hingga kecepatan turbo 3,8 Ghz, menyajikan performa komputasi dengan baik dan juga pengalaman gaming yang baik sekali dengan kartu grafis Radeon RX Vega 10, terbaik dikelasnya.

Untuk sektor penyimpannannya, laptop ini sangat lega dan bisa digunakan untuk nyimpan koleksi Film dan TV Series, serta game-game terbaru, karena udah punya storage sebesar 1TB dan SSD M.2 sebesar 256GB yang sangat handal menjalankan program berat dan meningkatkan kecepatan aplikasi.

Penutup

Nah itu dia beberapa rekomendasi laptop bertenaga Ryzen dari AMD yang mungkin bisa jadi referensi kalian semua untuk memilih laptop. Mungkin ada dari kalian yang sedikit kecewa karena ternyata semua rekomendasi laptop dari gue sedikit mahal. Tapi beneran, jumlah uang yang kalian bayarkan untuk membeli laptop bertenaga Ryzen tersebut bakal berguna banyak buat kegiatan komputasi, multimedia, gaming, hingga profesionalitas kalian.

Mau Laptop bertenaga Ryzen GRATIS? Simak panduan kompetisinya di link ini, dan mulai beraksi dengan Ryzen & Vega!

Sekian rekomendasi laptop dari gue, sampai jumpa di artikel berikutnya. #BetterRed

Edited & Designed by Pieter Mardi ©2018

Ada yang mau kamu utarakan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.