Siapa sosok yang selalu identik ketika kita berbicara soal konten kreator? Mungkin kalian punya sosok penulis idola yang lekat dengan tagline konten kreator, tetapi jika menurut gue, sosok Raditya Dika adalah jawabannya.

Pernahkah kalian penasaran tentang rahasia dibalik kesuksesan karir Raditya Dika?. Tentang bagaimana dia bisa menjadi seorang sutradara yang film-film ciptaannya selalu menempati urutan teratas di daftar film paling disukai di tanah air.

Atau berbicara tentang hobinya sebagai penulis buku yang rilisan buku barunya hampir selalu dipajang di rak khusus buku-buku Best Seller diseluruh toko buku terkenal di Indonesia. Karena kesuksesan dari novel ciptaannya itulah, sering diangkat menjadi sebuah film yang tak kalah menakjubkan dari cerita asli di novelnya.

Apa rahasia dibaliknya?

Tentu saja kreativitas adalah yang utama. Ide-ide segar selalu mengalir deras didalam kejeniusan seorang Raditya Dika. Siapa sangka nama-nama hewan yang tidak lazim dijadikan judul film ataupun buku, malah menjadi judul film komedi yang extraordinary dan ‘out of the box’ dalam racikan kata khas Bang Radit.

novel raditya dika

Tapi bukan hanya soal kreatifitas. Ada lagi yang lebih penting dari itu. Ada perangkat yang mendukung Bang Radit untuk mengerjakan semua proyek terbarunya saat ini, memberikan performa maksimal dan juga kenyamanan dalam melakukan aktifitas Konten Kreator. Dan perangkat itu bernama Laptop.

“Good laptops produce you a good content. Perfect laptops will take your content to the next level.”

Laptop yang biasa-biasa saja menghasilkan konten yang baik. Tetapi, laptop yang sempurna akan membawa konten ciptaanmu ke level yang lebih tinggi. Karena sejatinya, kualitas konten yang dihasilkan seorang penulis maupun itu konten kreator selalu berbanding lurus dengan mapannya kualitas laptop yang digunakan.

Nah jika prediksi gue bener, bang Radit pernah menggunakan Vivobook Pro N580VD untuk jadi laptop buat ngerender video di akun Youtube-nya, dan rasanya laptop itu punya spesifikasi yang komplit banget untuk konten kreator sekelas Raditya Dika. Dibalik harganya yang menyentuh angka 16 jutaan, laptop ini memang cocok buat Youtuber karena memiliki spesifikasi yang mantap untuk rendering video tanpa lag, berkat performa Processor Intel Core i7-7700HQ, 8GB RAM DDR4, SSD 128GB, dan kartu grafis powerful NVidia GTX1050 4GB.

Beli laptop dengan harga segitu, sebaiknya jangan cuma dilihat dari sisi harga saja. Tapi coba lihat performa render dan multitasking yang nyaris sempurna berkat gabungan kinerja hardwarenya yang optimal. Dengan laptop seperti itu, bahkan kita bisa kreatif dan seproduktif seperti Bang Radit.

Sekali lagi gue tegaskan, kualitas konten yang kita hasilkan will and always depend on seberapa tangguh dan baiknya performa laptop yang kita miliki.

Masih belum percaya? Perbandingannya sederhana saja.

Pernah kebayang gak andaikan Bang Radit menggunakan laptop jadul berchipset Intel Pentium V atau lebih rendah untuk menjalankan software rendering video ketika sedang menyunting vlog maupun video terbarunya? Jika beneran terjadi, bukan konten video bagus yang dihasilkan. Malahan laptop tersebut udah keburu overheat dan nge-freeze karenanya. Selebihnya, tidak perlu dibayangin lagi deh, hehe.

Atau menggunakan laptop yang berbobot berat untuk dibawa kemana-mana, ditambah lagi kapasitas baterai yang sangat berdaya tahan rendah, untuk mendampinginya menulis naskah novel Ubur-Ubur Lembur misalnya, ataupun menyunting naskah film yang butuh waktu berjam-jam? Aduh, apalagi membayangkan yang satu ini. Rasanya tidak masuk akal ya.

Tidak mungkin kita mampu mengerjakan banyak hal-hal produktif hanya dengan bermodalkan laptop berspesifikasi kentang. Apalagi sebagai konten kreator yang super produktif yang tidak hanya menggeluti satu hobi saja, tentu saja laptop yang memiliki dukungan performa yang mumpuni yang wajib kita miliki.

infografis

Dan berkat kemajuan internet dan teknologi desain, kegiatan menulis dan blogging saat ini tidak hanya sekedar menyajikan sederet paragraf demi paragraf untuk menyajikan informasi, tetapi sudah melibatkan campur tangan desain visual yang menarik seperti infografis, posters, editing gambar yang baik, animasi javascript, hingga menyajikan video untuk membantu pembaca memahami konten lebih dalam lagi.

Itu berarti, content writer zaman now dituntut untuk menguasai semua elemen digital demi kualitas tulisan yang dihasilkannya. Engga jamannya lagi cuma punya aplikasi pengolah kata seperti MS-Word ataupun Browser untuk sekedar ngetik di blog. Kini content writer juga mesti punya software pengolah grafis, editing video, dan aplikasi lain di laptopnya masing-masing.

Nah, semua komplikasi permasalahan tadi perlahan mengerucut hingga menjadi sebuah pertanyaan yang mendasari ditulisnya postingan ini, dan juga akan dijawab tuntas di akhir tulisan. Dan pertanyaan itu adalah

Laptop seperti apa sih yang cocok untuk para Konten Kreator sekarang ini?

Jika kamu punya keadaan finansial layaknya Sultan, tentunya tidak susah untuk menjatuhkan pilihan pada laptop yang sempurna untuk konten kreator. Seri Zenbook & Ultrabook dari ASUS Indonesia menawarkan banyak sekali pilihan dengan spesifikasi menakjubkan yang beragam dan harganya juga bikin pengen melelang sebelah ginjal ini secepatnya.

Gak punya budget cukup untuk beli Zenbook ataupun Ultrabook?

Tenang, sob. Ada ASUS Vivobook A407 yang menawarkan desain dan performa yang baik dengan range harga terjangkau untuk para konten kreator yang pengen berkarya lebih kreatif lagi. Sensasi memiliki laptop ini seperti punya Ultrabook low budget sih katanya.

ASUS Vivobook A407 adalah laptop hasil kolaborasi ASUS Series dan Intel yang resmi rilis di Indonesia pada Kamis, 19 April 2018 lalu. Laptop dari seri Vivobook ini menjadi salah satu laptop tertipis dan teringan dengan hanya mempunyai ketebalan 21,9 mm dan berat 1.5 kg saja, membuat laptop ini sangat cocok untuk kaum produktif yang mendambakan kesimpelan dan kemudahan dalam berkarya.

Selain itu. ASUS Vivobook A407 juga memiliki spesifikasi gahar yang terbaik dikelasnya. Perpaduan antara processor Intel Core i3 dan kartu grafis NVIDIA Graphics akan mendukung semua kegiatan multimedia dan aktifitas kreator yang membutuhkan suguhan grafis yang jernih dan menakjubkan. Spesialnya lagi, Vivobook A407 termasuk laptop yang berada di range harga 6 jutaan yang udah punya Fingerprint scanner. Wow! Keren banget, bukan?

1

Jadi, gue bakal merekomendasikan laptop ini buat kalian yang pengen jadi konten kreator handal yang ingin meningkatkan kualitas konten kalian ke tingkat yang lebih tinggi. Ada 9 alasan mengapa kamu harus punya ASUS Vivobook A407 ini.

2

aa

Untuk menjadi penulis dan konten kreator profesional, dibutuhkan latihan demi latihan untuk mengasah kemampuan dalam merangkai kata dan melatih imajinasi. Itu sebabnya konten kreator jaman now harus bisa menulis dimana saja, dengan didukung oleh laptop yang enteng dibawa kemana-mana.

ASUS Vivobook A407 dirancang khusus untuk penulis dan konten kreator yang nomaden. Berkat ketebalannya yang cuma 21,9 milimeter serta beratnya hanya sekitar 1,5 kg saja, membuat Vivobook A407 sangat gampang dibawa kemana saja. Desain bodinya juga cukup mewah, karena menggunakan bahan polikarbonat berkualitas yang dirancang dengan motif yang mewah. Sehingga tetap keren diajak ngeblog di kafe-kafe.

Mencari ide untuk dijadikan konten yang menarik bersama Vivobook A407 juga semakin mudah, karena bisa dibawa kemana saja. Menawarkan kemudahan dan performa yang maksimal dalam rupa Vivobook A407. Karena untuk jadi kreatif gak perlu ribet, sob!

3

bb

Untuk membuatnya menjadi laptop premium dan elegan, ASUS merancang panel layarnya dengan teknologi NanoEdge Display, yang menempatkan layar luas 14′ tetap muat dalam bodi keseluruhan yang minimalis. Hebatnya lagi, Vivobook kali ini akan semakin mewah dan elegan  karena bezel pada sisi kiri dan kanannya hanya setebal 7.1 mm, sehingga membuat rasio layar ke bodinya hanya 73,8%. Bukan cuma Zenfone 5 doang yang bisa punya bezel tipis, ASUS Vivobook A407 juga bisa kok, hehe.

4

performa maksimal

Dibalik bodinya yang begitu ramping dan beratnya yang cuma 1.5 kg, bukan membuat ASUS Vivobook boleh dianggap remeh dalam soal dapur pacu. Karena kalian akan dibuat takjub karena ASUS telah menanamkan Processor Intel Core i3-6006U 2.0GHz (3M Cache) sebagai chipsetnya, kartu grafis powerful NVidia GeForce MX110, serta RAM sebesar 4GB bertiper DDR4 yang bisa diupgrade hingga 8GB sebagai jagoan utama dari laptop ini.

Kita mulai dari chipsetnya dulu. Intel® Core™ i3-6006U Skylake Processor adalah tipe processor yang ditanamkan pada Vivobook A407 ini, yang mempunyai kecepatan clockspeed hingga 2.00 GHz dan punya cache 3 MB dengan teknologi SmartCache. Dengan processor seperti ini, pengolahan grafis ringan hingga berat seharusnya tidak menemui masalah, dan akan berjalan dengan optimal. 

Chipset ini akan sangat membantu kegiatan para konten kreator, yang membutuhkan performa multitasking yang cepat. Chipset ini juga sangat optimal jika diajak menjalankan software pengolah grafis dalam mendesain infografis, mengedit gambar, bahkan ketika mengedit video, performa kartu grafis dari NVIDIA GeForce MX110 akan memberikan performa rendering yang optimal.

Selain untuk para konten kreator, kegiatan blogging akan terasa nyaman tanpa lag disana sini. Mengetik di platform blog sambil membuka banyak tab sekaligus untuk mencari tambahan informasi dijamin akan sangat nyaman. Begitu juga halnya ketika mengedit video beresolusi sedang,

Ibarat menyimpan monster didalam cangkang, ASUS Vivobook A407 jangan diragukan lagi performanya untuk mendukung kreatifitas kamu. Dengan laptop ini, kamu bebas punya banyak hobi untuk disalurkan dan dikembangkan, terlebih dalam menulis. Performa multitasking yang optimal membuat kamu bebas berkreasi sebebas-bebasnya, hingga menjadikan karya-karyamu berada di level yang lebih tinggi.

fingerprint

fingerptinttt

Keamanan data tetap yang terutama. Tentunya kamu ga mau infografis ataupun konten visual yang sudah kamu desain sebaik mungkin, atau data-data penting kamu dicuri oleh orang-orang iseng diluar sana. Sayangnya pencurian data seperti itu tidak akan terjadi kalau kamu punya ASUS Vivobook A407 sebagai sahabat kreasimu.

Sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk login dengan cepat dan mudah dengan Windows Hello. Posisinya juga cukup mudah dijangkau, karena terletak diujung kanan dari touchpad yang juga didesain cukup luas. Bahkan ada Fungsi pengenalan 360° yang berfungsi untuk meningkatkan akurasi pemindaian, bahkan ketika tanganmu basah sekalipun. Kita akan sangat terbantu dengan adanya sensor Fingerprint ini, yang berartti tidak perlu lagi mengingat dan mengetik kata sandi yang rumit. Karena untuk login, cuma butuh sentuhan jarimu.

Produktivitas juga soal waktu. Mengetik password yang rumit, dan login berulang-ulang ketika laptop dalam keadaan sleep cukup menguras waktu dan tenaga. Dengan adanya Fingerprint didukung oleh Windows Hello, produktivitas kamu akan semakin maksimal bersama ASUS Vivobook A407.

visualss

splendid

Panel layar pada ASUS Vivobook A407 beruntungnya sudah beresolusi HD, yakni 1366 x 768 dengan rasio 16:9, dan juga menggunakan LED backlit HD Glare dan Ultra Slim (200 nits). Tampilan warna pada panel layarnya semakin diperindah dengan adanya Teknologi Visual paling terkenal oleh ASUS, yakni ASUS Splendid. Dengan adanya teknologi ini, kita sebagai pengguna dapat mengatur tingkat warna atau kecerahan panel layar sesuai kebutuhan kita sendiri.

eye care normal mode

Normal Mode dapat diterapkan apabila kamu ingin tampilan warna yang alami ataun default, tanpa kustomisasi. Mode ini cocok untuk tampilan sehari-hari yang simpel, apalagi buat kaum produktif yang sangat menghargai waktu, yang tidak punya cukup waktu untuk mengkustomisasi tampilan layarnya.

Eye Care Mode ini diterapkan apabila kamu sedang bekerja didalam ruangan yang memiliki kadar cahaya yang kurang, atau pengen bekerka dan beraktifitas didepan laptop dalam jangka waktu yang lama. Kesehatan mata bisa dijaga dengan mengaktifkan mode ini, agar mengurangi tingkat cahaya biru untuk menghindari kelelahan mata.

vivid mode dan manual mode

Vivid Mode berguna untuk mengoptimalkan kontras dari gambar untuk menghasilkan kualitas warna yang baik untuk setiap gambar ataupun video yang ditampilkan. Mode ini cocok banget buat para fotografer bergenre nature yang ingin melihat secara detail warna dari pemandangan yang ditangkap.

Manual Mode ini bisa kamu kustomisasi sesuai selera dan kebutuhan kamu, apabila kamu merasa ketiga mode tadi masih kurang cocok ataupun tidak nyaman. Disini kamu bisa bebas berkreasi untuk menemukan komposisi warna yang tepat yang mewakili jati dirimu. Mewakili selera kreatifitasmu.

Setelan tampilan layar dari ASUS Splendid bakal sangat berguna untuk para konten kreator untuk dapat melihat tingkat akurasi warna dari desain infografis, poster, editan gambar, ataupun grafis video yang sedang diedit/didesain. Dengan begitu, para konten kreator selalu disajikan dengan kualitas grafis yang memukau ketika beraktifitas bersama ASUS Vivobook A407.

Untuk para konten kreator yang bergelut di bidang video, ada juga Teknologi ASUS Tru2Life yang akan mengoptimalkan secara cerdas setiap piksel dalam bingkai video untuk meningkatkan ketajaman dan kontras hingga 150% sehingga hanya kualitas grafis video yang terbaiklah yang ada didepan mata kamu.

level sound

sonicmaster

Multimedia adalah satu kesatuan dari perpaduan grafis ditambah dengan audio. ASUS Vivobook A407 sudah sangat ideal dari segi panel layar, resolusi layar, dukungan ASUS Splendid, bahkan kartu grafis powerfulnya mendukung sektor multimedia. Nah, untuk menyempurnakannya, ASUS juga tidak lupa meningkatkan kualitas audio dari ASUS Vivobook A407 berkat software ASUS SonicMaster dan equaliser ASUS AudioWizard.

 

This slideshow requires JavaScript.

Perpaduan sempurna antara hardware, software dan equaliser yang dirancang dengan tujuan mengoptimalkan pengalaman audio terbaik bagi konten kreator sejati. Dirancang hanya menggunakan codec profesional terbaik, untuk memastikan kualitas audio yang diproduksi memiliki pengkodean dan penguraian audio yang tepat.

batteyr

smart battery

Untuk mendukung produktivitas para konten kreator untuk berkarya dimana saja, kapan saja, ASUS Vivobook A407 memiliki kapasitas baterai 3 Cells 33 Whrs dan diklaim 3x lebih tahan dari baterai Li-ion biasa. Tergolong cukup awet untuk pemakaian sehari-hari, dimulai dari pemakaian ringan seperti mengetik, browsing, mendengarkan musik, hingga pemakaian sedang-berat seperti mengedit infografis, video, dan bermain game.

Nah, buat kamu yang gak mau nunggu proses pengisian laptop yang terlalu lama, kabar baiknya ASUS Vivobook A407 sudah ditanamkan fitur ASUS Fast Charging Technology, yang kabarnya mampu mengisi dari level 0% hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit saja. Lebih sedikit menunggu, berarti lebih banyak waktu untuk berkarya dan beraktifitas bareng ASUS Vivobook A407 ini.

Untuk semakin menambah kenyamanan baterainya, ASUS juga menyembatkan teknologi lain seperti:

Temperature Protection, yang akan menjaga suhu laptop tetap stabil tanpa overheat selama device sedang dalam proses charging. Dan ketika proses charging sudah selesai, ada juga ASUS IceCool Technology yang tetap menjaga suhu laptop tetap stabil selama dalam pengoperasian.

Input Over Voltage Protection, sebuah fitur yang akan melindungi arus daya yang  masuk pada ASUS Vivobook A407 agar tetap normal, tanpa adanya overload ataupun arus pendek listrik. Memastikan daya yang masuk tetap sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Laptop.

Output Over Voltage Protection, sebuah fitur yang akan melindungi arus daya yang  keluar pada ASUS Vivobook A407 agar tetap normal, tanpa adanya overload ataupun arus pendek listrik. Memastikan daya yang keluar tetap sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Laptop.

Battery TCO Protection, sebuah fitur untuk melindungi TCO (Thermal Cut-Off) dari baterai ASUS Vivobook A407 agar tetap berfungsi secara optimal, dan mencegahnya dari kerusakan.

Adapter Protection, sebuah fitur untuk melindungi adapter pengisian daya ASUS Vivobook A407 agar tetap berfungsi secara optimal, dan mencegahnya dari kerusakan. Karena kerusakan adapter bisa saja sangat merepotkan.

Lalu apa manfaatnya dari sedemikian teknologi baterai diatas untuk kreatifitas konten kreator?

Ide dan kreatifitas itu mengalir bak air sungai. Nah, untuk memastikan ide yang sedang direncanakan tetap segar dan original, Laptop idealnya harus selalu dalam keadaan always on, agar para konten kreator bisa segera menggabungkannya menjadi sebuah konten berkualitas.

Ketahanan baterai juga sangat dibutuhkan para konten kreator nomaden, yang sering berpindah-pindah. ASUS Vivobook membantu para penggunanya tetap aktif menyalurkan ide, mengkreasikan gagasan, mendesain project yang bernilai, hingga akhirnya konten tersebut dapat diterbitkan dan berguna bagi banyak orang.

benchmark

bencc

Untuk semakin meyakinkan kamu jika Vivobook A407 adalah laptop yang tepat untuk memulai produktivitasmu ke level yang lebih tinggi, gue bakal sajikan beberapa hasil benchmark yang menilai performa laptop ini dengan angka-angka dinamis.

Angka tidak bisa berkata bohong, dan kabar baiknya, setelah melalui beberapa test game dan benchmar via PCMark dan Cinebench, menunjukkan bahwa skor yang diraih ASUS Vivobook A407 masih tergolong baik dan mampu menjalankan beberapa game casual dan sedang dengan framerate yang cukup memuaskan.

  1. Test game GTA V, pada resolusi HD 1366x768px, berhasil meraih 27fps pada set quality LOW.
  2. Test game Torchlight II, pada resolusi HD 1366x768px, berhasil meraih 60fps pada set quality MAX
  3. Test game Rocket League, pada resolusi HD 1366x768px, berhasil meraih 47fps pada set quality HIGH
  4. Test game Fortnite, pada resolusi HD 1366x768px, berhasil meraih 40fps pada set quality LOW
  5. Test game Orc Must Die II, pada resolusi HD 1366x768px, berhasil meraih 60fps.

Berikut hasil test benchmark selengkapnya, diulas oleh NERD Review.

 

This slideshow requires JavaScript.

Akhirnya kita sampai juga pada bagian akhir dari tulisan ini. Kita sudah bicarakan tentang delapan alasan sebelumnya, kenapa laptop ini cocok banget buat kamu yang produktif. Nah, alasan terakhir mengapa kamu wajib memiliki Vivobook A407 sebagai teman produktif kamu yaitu….

ya.. karena Vivobook ini memang wajib kamu miliki!

Sesimpel itu. Laptop ini memiliki semua kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah latop multifungsi yang dipergunakan untuk multimedia dan produktifitas. Laptop ini cocok untuk segala kebutuhan, mulai dari editing video, grafis, foto, audio, blogging, nulin novel, bermain game kasual, dan hobi lainnya. ASUS Vivobook A4407 mempunyai spesifikasi yang lebih dari cukup untuk memenuhi hobi kamu.

Kalau masih penasaran dengan spesifikasi lengkap dari ASUS Vivobook A407 ini, silahkan bisa dilihat dibawah ini.

Main Spec. ASUS Vivobook A407
CPU Intel® Core™ i3-6006U Processor, 2.0GHz (3M Cache)
Operating System Windows 10 Home
Memory 4GB DDR4
Storage 1TB  HDD 5400RPM
Display 14″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Glare, Ultra Slim 200nits
Graphics NVIDIA MX110 2GB GDDR5 / Intel HD graphics 510
Input/Output 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 1x USB 3.0 port, 1x HDMI, 1x MicroSD card reader, dan 1x USB 2.0 Port
Camera VGA Web Camera
Connectivity Dual band 802.11ac Bluetooth V4.1
Audio ASUS SonicMaster Technology
Battery 3 cell Li-ion, 33WHrs
Dimension 328.6 x 246.3 x 21.9mm
Weight 1,55Kg with Battery
Colors Stary Grey dan Icicle Gold
Warranty 2 tahun garansi global
Harga Rp5,799.000

Jadi, mulai dari sekarang, lebih baik stop mikir-mikir untuk jual sebelah ginjal untuk beli Zenbook atau UltraBook, karena laptop dari seri Vivobook tak kalah bagusnya dengan kedua kakaknya itu, dan ASUS Vivobook A407 adalah salah satu yang terbaik dari mereka. Karena hanya dengan Rp 6,499 juta saja, kamu sudah bisa bawa pulang ASUS Vivobook A407 dan memulai kreatifitasmu bersamanya.

Saatnya tingkatkan semua hobi, khususnya kemampuanmu dalam mendesain konten kreatif yang menarik dengan ASUS Vivobook A407, partner terbaik bagi seorang kreator konten kreatif.

4 thoughts on “ASUS VivoBook A407, Laptop Minimalis Sejuta Potensi Untuk Kamu Para Kreator Konten Kreatif

Ada yang mau kamu utarakan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.