Ekonomi Kreatif di Indonesia sedang menggeliat. Dampak Globalisasi dan kemajuan tren usaha membuat beberapa sektor kehidupan di Indonesia berkembang pesat. Orang-orang yang punya ide bisnis yang segar bakal cerdik memanfaatkan momen ini untuk mencari konsep usaha baru, memanfaatkannya menjadi potensi bisnis yang besar lalu mengembangkannya.

Apalagi Ekonomi Kreatif Indonesia diprediksi akan terus mengalami perkembangan pesat, karena ditunjang oleh faktor Bonus Demografi, dimana pada tahun 2030, Indonesia diprediksi akan memiliki banyak tenaga kerja produktif  baru yang didominasi oleh anak-anak muda. Ekonomi Indonesia akan tumbuh pesat, sektor riil terdongkrak, meningkatnya daya saing, dan puncaknya akan membawa Indonesia menuju kearah yang lebih baik lagi.

Bahkan Pak Jokowi selaku Presiden Indonesia ikut berkomentar tentang Ekonomi Kreatif di Acara Temu Kreatif Nasional yang berlangsung di Tangerang Selatan.

pak joko widodo pada acara temu kreatif nasional di tangerang

Saya sudah lama memprediksikan ini. Pada tulisan saya yang berjudul Membawa Indonesia Ke Puncak Olympus, saya sangat yakin suatu hari Indonesia akan mampu mencapai puncak kejayaannya, rakyat yang cerdas dan produktif hingga sepenuhnya menjadi negara maju. Impian saya ini seolah terwujud menyadari peran penting Ekonomi Kreatif Indonesia untuk mendongkrak roda perekonomian bangsa ini.

triawan munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia

Ada sebuah lembaga pemerintahan non kementrian di Indonesia yang secara khusus menangani Ekonomi Kreatif. Mereka adalah Bekraf, yang dikepalai oleh Pak Triawan Munaf. Nah, untuk menanggapi beberapa pertanyaan tentang sektor berpotensi menjadi Ekonomi Kreatif, beliau mengatakan:

“Ada tiga sektor, pertama fashion, kuliner, sama crafts (kerajinan tangan), itu sudah besar dan kami mau akselerasi, dan ada lagi yang menjadi prioritas mau dikembangkan adalah games, aplikasi, musik, sama film,” ujar beliau.

Fashion. Kita bisa liat banyak sekali para desainer fashion dari Indonesia yang cukup berprestasi diatas karya-karyanya, membuktikan sektor ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Busana Indonesia semakin dikenal diluar negeri. Bahkan ada beberapa orang dari luar negeri yang bangga mengenakan busana dari Indonesia.

Kuliner. Kita bisa lihat sendiri dari banyaknya saluran televisi yang menayangkan acara-acara kuliner, berkembangnya destinasi kuliner ternama, dan yang paling sederhana, pasti banyak tuh teman-teman kita yang menggeluti hobi sebagai Food Blogger dan Vlogger.

Produk Handmade. Saya melihat potensi yang cukup menjanjikan untuk dibanggakan pada sektor ini. Lihat saja perkembangan para UKM di Indonesia yang semakin hari semakin kreatif menciptakan produk-produk berkualitas yang tak kalah bagusnya dengan produk buatan luar. Kita sebagai orang Indonesia mesti turut andil berkreasi menciptakan produk lokal. Atau setidaknya jika kita tidak bisa memulai usaha, kita masih bisa membeli produk-produk lokal sekaligus bangga menggunakannya untuk mendukung usaha mereka.

Disamping itu, kemunculan bisnis E-Commerce seperti Toko Online juga mendukung semangat para UKM untuk menggerakkan ekonomi kreatif Indonesia. Bersemangatkan slogan #CintaProdukLokal, mengkampanyekan gerakan mencintai produk lokal diseluruh Indonesia dalam rangka mendukung Ekonomi Kreatif di Indonesia.

BENNY FAJARAI CEO & Co Founder PT. Qlapa Kreasi Bangsa

Karena kecintaan dan semangat #CintaProdukLokal inilah, dua orang anak muda bernama Fransiskus Xaverius dan Benny Fajarai bertemu, saling berdiskusi tentang rencana-rencana gila penuh potensial, kemudian merealisasikannya, hingga akhirnya lahirlah PT. Qlapa Kreasi Bangsa.

Qlapa adalah sebuah platform jual-beli yang memberdayakan kreativitas lokal dengan teknologi. Karena ketika kita berbicara soal handcraft atau kerajinan tangan asli Indonesia, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas Qlapa.com.

Mengapa harus mencari produk handmade Indonesia di QLAPA?

QLAPA.COM RUMAHNYA PRODUK KREATIF INDONESIA

  • Qlapa adalah Rumahnya Produk Handmade Terbaik di Indonesia

Qlapa lebih dari sekedar toko online biasa. Qlapa berfokus pada penjualan handmade unik seperti kemeja batik, tenun, tas dan sepatu kulit, dompet, perhiasan, dekorasi rumah, dan produk buatan tangan lainnya. Disini kita bisa membeli produk-produk handmade lokal yang diciptakan langsung oleh pembuatnya. Bakal ada nilai spesial bagi kita menggunakan produk-produk bangsa kita sendiri, dan QLAPA mewujudkan keinginan kita dengan baik. Keamanan ketika berbelanja disini juga terjamin, karena Qlapa menjamin 100% uang kembali apabila transaksi gagal.

Qlapa menyediakan produk-produk berkualitas terbaik untuk sosok terbaik dalam hidupmu. Bergaya tidak harus mahal bersama QLAPA

Ini produk-produk handmade yang akan kamu temukan di QLAPA

daftar produk yang dijual di QLAPA

  • Solusi terbaik untuk produk bernilai untuk semua kebutuhan

Mau belikan pacarmu perhiasan handmade yang cantik? Atau menghadiahi orangtua kamu batik atau tas yang menawan? Qlapa menyediakan produk-produk berkualitas terbaik untuk sosok terbaik dalam hidupmu. Atau kamu suka mengoleksi barang-barang handmade yang unik? Tenang saja, semua bisa kamu beli di Qlapa dengan harga yang terjangkau. Disini kamu bisa menemukan produk handmade unik yang gak bisa kamu temukan di tempat lain. Karena untuk bergaya bersama Qlapa gak harus mahal-mahal!.

Semangat ekonomi kreatif bersama QLAPA

  • Semangat Ekonomi Kreatif bersama Qlapa

Selain bangga membeli dan menggunakan produk lokal, kita juga bisa memajukan Ekonomi Kreatif Indonesia dengan ikut berjualan di Qlapa.com. Qlapa sangat menerima kalian para calon-calon pengusaha muda atau pengrajin lokal untuk bergabung bersama Qlapa. Selain ditawari kemudahan dalam berjualan di Qlapa, kita juga berkesempatan untuk memperkenalkan produk-produk berkualitas ciptaan kita kepada para pembeli dalam lingkup nasional, bahkan Internasional. Bayangin betapa bangganya tuh ketika produk lokal Go Internasional! Waahh hebat.


Bagaimana cara mulai berbelanja di QLAPA.COM?

Bersyukur karena adanya kemajuan teknologi, kita kini tidak perlu mendatangi para pengrajin produk ke pabrik mereka, karena berkat QLAPA.COM, kita bisa membeli langsung produk favorit kita hanya dari ponsel dan komputer kita. Penasaran bagaimana cara membelinya? Mudah saja.

unduh dan buka aplikasi QLAPA DI ANDROID DAN IOS KAMU GRATIS

arrow down

PILIH PRODUK YANG KAMU SUKA, MASUKKAN KE DALAM KERANJANG, JANGAN LUPA LIHAT DETAIL PRODUK AGAR TIDAK SALAH BELI

arrow down

LAKUKAN PEMBELIAN, MASUKKAN ALAMAT PENGIRIMAN, SIZE PRODUK, KUANTITAS, DAN PILIH METODE PEMBAYARAN

Setelah itu, akan ada notifikasi bahwa pesananmu sudah diterima dan akan segera diproses. Gampang sekali, bukan? Kemudahan memesan via aplikasi tidak jauh berbeda gampangnya dengan cara pemesanan produk melalui PC. Mau tau gimana caranya?

cara11

arrow down

PRODUK BERHASIL DITAMBAHKAN. PERHATIKAN DETAIL BARANG AGAR TIDAK SALAH. PERIKSA UKURAN DAN HARGA AGAR SESUAI. LALU KLIK LIHAT KERANJANG, ATAU LANJUT BELANJA 

arrow down

cara33

arrow down

PILIH METODE PEMBAYARAN. KINI TERSEDIA PEMBAYARAN VIA INDOMARET. PASTIKAN ALAMAT PENGIRIMAN SUDAH BENAR, DAN TOTAL HARGA SUDAH PAS SETELAH POTONGAN VOUCHER DAN ONGKIR

Selamat, pemesanan kamu telah selesai dan akan segera diproses.

Nah setelah itu, kamu tinggal menunggu waktu pengiriman hingga barang sampai ke rumah dengan selamat. Nah, gampang banget bukan mencari produk Handmade di QLAPA? Bahkan cara pemesanan via aplikasi lebih gampang dan simpel daripada pemesanan via PC. Hanya saja bagi kamu yang ingin melihat gambar lebih detail lagi, saya sarankan sih untuk browsing produk lewat PC.

Ternyata mudah sekali berbelanja produk Handmade asli Indonesia di QLAPA.COM

Bukan sekedar omong kosong belaka, QLAPA benar-benar menunjukkan keseriusannya mendukung gerakan #CintaProdukLokal dengan meluncurkan platform QLAPA. Menjadi sarana bagi para pengusaha dan pengrajin produk untuk mempromosikan produk asli Indonesia kepada warga lokal dan Internasional, sekaligus menciptakan kesadaran betapa pentingnya menghargai karya-karya Anak Bangsa. Karena hanya kita yang bisa membuat mereka, para pengrajin lokal, mampu berjaya di negeri sendiri.

Kreatifitas adalah potensi terbesar Indonesia. Kerajinan dan produk handmade Indonesia telah diakui di mata dunia Di Qlapa, Anda dapat membeli langsung dari pembuatnya!

Selama ini kita mungkin bangga menggunakan produk asing. Tanpa sadar pelan-pelan kita mengancam kelangsungan bisnis para pengusaha lokal yang tak mampu bersaing. Mari, bersama QLAPA, kita bangga menggunakan produk Lokal, sekaligus mengobarkan Semangat Ekonomi Kreatif menuju Indonesia Maju 2030.

Karena mencari produk handmade Indonesia terbaik di QLAPA, tidak pernah semudah ini.

45 thoughts on “Qlapa.com Penggerak Ekonomi Kreatif dan Inovasi Handmade Unik Terbaik di Indonesia

  1. Tulisannya sangat bagus dan juga informatif sekali mengenai produk-produk Handmade di QLapa, lengkap dan jelas. Semoga kamu bisa menjadi bagian dari pemenangnya ya. Semoga Beruntung.

    Like

    1. Makasih ya Kak Cha, seneng banget dah hasil browsingan sana-sini ditambah lagi dengan nonton video penjelasan Ekonomi Kreatif banyak-banyak, dan dihargai dengan komentar positif seperti ini. Terima kasih ya kak.

      Like

  2. Wooooww lengkap sekali ulasan soal produk handmade dan Qlapa. Saya sepakat tuh dengan poin bahwa industri kreatif adalah masa depan Indonesia. Maka, jadi kewajiban kita juga untuk berpartisipasi mengembangkan industri ini. Cara yg paling mudah adalah dengan #cintaproduklokal. Sukses y

    Like

  3. Sebenernya kalo buka Qlapa selain pengen belanja juga pengen jualan juga. Produk kreatif itu pasarnya luas banget. Bisa sampe ke luar negeri pula. Hal yang saya idam-idamkan semoga suatu saat nanti kesampaian

    Like

  4. Gak bermaksud spam komentar, tapi kata pertama yang muncul di benak saya adalah “keren”. Artikelnya keren dan informatif. Saya mesti belajar lagi kayanya agar bisa bikin artikel lebih baik kayak gini, hehe.

    Mulai dari latar belakang Ekonomi Kreatif, Bonus Demografi, quotes pemerintah, kemudian mengalir ke macam-macam Ekonomi Kreatif dan masuk ke #CintaProdukLokal. Ulasan mengenai Qlapa.com lengkap banget mulai dari terbentuknya, keuntungan, dan proses pemesanan beserta infografisnya yang membuat saya terkagum-kagum.

    PS: Maafkan saya yang ingin memberi komentar panjang dan berbobot, namun yang keluar dari sarang pikiran saya hanya komentar semacam ini. Semoga sukses Mas!

    Like

  5. Saya pribadi, pas tau ada e-commerce Qlapa ini, langsung terkesan. Saya melihat produk-produk handmade lokal itu sudah seharusnya banyak dikenal masyarakat mancanegara dan menjadi salah satu ‘identitas’ Indonesia. 🙂

    Good luck. Mas.

    Like

    1. Yap. Selain menjadi favorit di luar negeri, terutama produk lokal itu harus berjaya di negeri sendiri. Kita ingin perekonomian kita maju, dan melalui Qlapa kita bisa berpartisipasi secara tidak langsung.

      Like

Ada yang mau kamu utarakan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s