Setidaknya satu kali tiap kita punya gadget baru, kita selalu penasaran gimana sih caranya ngehemat baterai ponsel Android kita agar tahan seharian mendampingi melakukan pekerjaan kita. Bagi kalian yang suka membaca tutorial pengoptimalan ponsel, pasti tidak asing lagi dengan situs JalanTikus yang selalu menyajikan tips-trik pengoptimalan perangkat kita, mulai dari Android, PC, ataupun perangkat kita yang lain.

JalanTikus memang selalu terdepan dalam menyediakan tutorial penghemat baterai yang sangat berguna bagi penggunanya. Dan terkadang artikel seperti itu memang ada gunanya juga. Tapi taukah kalian apa yang lebih efektif dari sekedar tutorial menghemat baterai?

cara mengoptimasi baterai android

Cobalah untuk berpikir dengan luas. Jangan semata-mata mengira bahwa baterai ponsel bisa dihemat hanya dengan mengoptimalkan segi softwarenya saja, seperti penggunaan aplikasi penghemat baterai, misalnya. Atau men-judge ketahanan sebuah smartphone hanya dari nominal kapasitas baterainya. Jika nominal baterainya semakin besar, maka akan semakin tahan. Semakin sedikit, maka ponsel itu langsung dicap tidak ramah untuk digunakan sehari-hari.

Tidak, sob. Ketahanan baterai sebuah smartphone dimaksimalkan dengan cara sederhana yang tidak pernah kamu duga sebelumnya.

Nah, sekarang bayangin bagaimana jadinya, jika ada sebuah ponsel yang dirancang khusus dalam pemilihan hardware dan softwarenya, untuk mencapai tujuan spesifik bagi penggunanya. Efisiensi dan efektifitas. Itu yang hendak dicapai oleh semua smartphone yang diciptakan untuk kegunaannya masing-masing.

Misal dalam merancang smartphone untuk gaming, wajib hukumnya menggunakan chipset yang mumpuni, kapasitas RAM dan ROM yang lega, kualitas panel layar yang jernih, dan semua sektor lain yang dioptimalisasi khusus untuk meningkatkan performa gaming. Makanya aneh jika kita menggunakan smartphone gaming untuk kegiatan nelfon/sms dan dengerin musik setiap hari, karena tentu kekuatan sesungguhnya dari smartphone itu tidak terkerahkan dengan maksimal.

Sekarang ini ada ponsel yang dirancang khusus untuk ketahanan baterainya dalam menemani penggunanya melakukan aktifitas sehari-hari. Dimulai dari segi tipe processor, kualitas layar yang digunakan, kapasitas baterai, semuanya bakal dioptimalisasi dan dipilihkan hardware serta softwarenya yang terbaik agar meminimkan penggunaan baterai tanpa harus mengorbankan performa aslinya. Sektor apa yang perlu di0ptimasi?

di tahun 2018 masih pakai snapdragon seri 200

Untuk mencapai kriteria sebuah ponsel yang ramah baterai, processor yang digunakan haruslah chipset yang memiliki konsumsi daya yang rendah, dan memiliki kadar clockspeed yang sewajarnya. Dalam hal ini, processor seri 200 dari Qualcomm® Snapdragon™ adalah salah satu solusi terbaik dalam urusan ketahanan baterai. Banyak ponsel medium-end hingga low-end yang menggunakan chipset ini, dan terbukti dari hasil test benchmark menghasilkan SoT (screen on time) yang cukup tinggi, sekaligus memiliki konsumsi daya yang rendah.

Dalam segi pemilihan baterai, kapasitas baterai yang cukup besar biasanya berkisar dari angka 3000 mAh hingga mencapai 4000 mAh, sangat cocok ditanamkan untuk ponsel bertipe penggunaan sehari-hari. Apabila diduetkan bersama processor seri 200 dari Snapdragon™, akan membantu memberikan kinerja ponsel menjadi optimal tanpa harus menguras baterai dengan signifikan.

perbandingan jenis panel layar hemat daya

Kita beralih pada sektor selanjutnya. Perusahaan smartphone belakangan ini selalu berlomba-lomba untuk membekali ponsel-ponsel mereka dengan panel layar terbaik seperti IPS,TFT, AMOLED, OLED, dan lainnya. Semua itu berguna untuk menyajikan Display View yang menakjubkan, kaya akan warna, dan nyaman bagi mata penggunanya.

Namun terkadang, ketika sebuah ponsel terkenal yang umumnya dibekali chipset yang mumpuni, kenyataannya dalam proses pengomposisian layar, chipset tersebut akan bekerja lebih keras untuk menyajikan kualitas grafis yang ‘diminta’ oleh sang panel layar itu sendiri. Sehingga semakin tajam dan jernih kualitas sebuah layar, apalagi bentang layar yang digunakan juga cukup luas, maka berimbas pula pada ketahanan baterainya yang terkuras cukup cepat.

Tapi spesialnya, vendor yang berusaha menciptakan smartphone yang mengutamakan ketahanan baterai, tentunya akan cerdas menanggapi permasalahan ini dan bakal memilih panel layar yang tepat. LTPS IPS LCD, misalnya. Jenis panel layar yang punya nama panjang Low-Temperature Poly-Si, merupakan salah satu tipe panel layar yang memiliki teknologi back panel yang terpasang pada panel display berbasis TFT- LCD. Dengan menggunakan LTPS, memungkinkan tampilan gambar dari sebuah smartphone menjadi lebih baik serta efisien ( lebih rendah suhu dan penggunaan daya) dan juga lebih tipis.

Ditambah lagi, ponsel yang dirancang untuk memiliki ketahanan baterai, gue sarankan ukuran bentang layarnya tidak lebih dari 5 inchi. Lebih dikit boleh, pastinya. Jangan sampe deh pengennya smartphone yang baterainya tahan lama, tapi belinya malah yang punya layar 5.5 atau bahkan 6 inchi. Kenapa gue sarankan 5 inci doang? Karena jujur gue pernah punya ponsel dengan ukuran layar 5.7, dan setelah pemakaian cukup lama, SoT-nya alias Screen on timenya gak nyampe 9 jam apabila dipake seharian. Padahal baterainya 4300 mAh loh.

Keinginan gue untuk membeli smartphone selanjutnya, pastikan memenuhi syarat-syarat diatas. Panel layarnya yang tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil, hingga nyaman untuk dipegang dalam genggaman. Karena ukuran panel layar juga mempengaruhi tingkat ketahanan baterainya.

nokia 2 smartphone berdaya tahan tinggi

Makanya, ponsel dengan ketahanan baterai, cocoknya sih, pake layar dengan ukuran 5 inchi saja. Kalau masih dirasa kurang, boleh lebih dikit kok. Gue sarankan maksimal ukuran layar idealnya itu 5.5 inch saja. Agar dalam proses pengomposisian grafis dan kecerahan layar, tidak menguras kadar baterai yang terlalu berlebihan.

Ketiga unsur hardware diatas memang dirancang khusus hanya untuk ketahanan baterai. Dimulai dari Processornya yang walaupun jadul tapi memiliki konsumsi daya yang rendah, kualitas layar LTPS IPS yang tetap menyajikan kualitas layar yang baik tanpa menguras baterai, dan tak lupa kapasitas baterainya yang tergolong jumbo. Kabar baiknya, kini semua fitur ramah baterai itu hadir dalam sosok Smartphone besutan Nokia, sang Legenda, dalam rupa Nokia 2.

nokia 2 snapdragon 212

Rilis awal tahun 2018 yang lalu, Nokia 2 menjadi solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan orang-orang yang ingin melakukan lebih banyak hal dengan ponsel mereka tanpa khawatir dengan ketahanan baterainya. Spesifikasinya yang mungkin banyak diremehkan orang karena terlalu rendah dan jadul, tapi gue menangkap hal itu sebagai kecerdasan Nokia untuk merancang sebuah smartphone yang benar-benar bisa diandalkan karena ketahanan baterainya.

Fitur Unggulan Nokia 2

Dari banyaknya ponsel yang mengklaim sebagai smartphone dengan kapasitas baterai besar, Nokia 2 datang untuk meramaikan pasaran, dan turut menunjukkan bahwa Nokia 2 pantas bersaing dengan brand lainnya. Selain ketahanan baterainya, Nokia 2 juga datang dengan sederet spesifikasi yang baik dan fitur yang kaya. Mengapa Nokia 2 pantas dibeli? Berikut adalah fitur unggulan dari Nokia 2, menurut gue, penulis di WHOISALDENPETER.COM

nokia 2 snapdragon

Qualcomm® Snapdragon™ 212

Nokia 2 kali ini menanamkan chipset Snapdragon™ 212 APQ8009 Quadcore CPU pabrikan Qualcomm® yang menyajikan kecepatan pemrosesan data alias clockspeed berkisar 1.3 GHz, serta chip grafis Adreno 304 dengan clockspeed maksimal 400MHz, yang menawarkan performa yang baik dalam beraktifitas sehari-hari, bermain game-game ringan dengan cukup baik, dan tentunya tidak bakal mengecewakan. Walaupun saat ini banyak perusahaan yang mengutamakan processor fabrikasi 14nm yang terbukti mempunyai konsumsi daya yang rendah dan performa lebih tinggi, tapi Snapdragon™ 212 fabrikasi 28nm ini masih bisa kok diandalkan dan dipercaya untuk menemani aktifitas kamu bersama Nokia 2.

Seperti yang gue ulas sebelumnya, Snapdragon™ 212 adalah tipe processor hemat daya yang sering dipakai di smartphone yang mengutamakan ketahanan dayanya. Jangan malu deh di tahun 2018 Nokia 2 masih pake processor jadul seri 200, yang penting tujuan utama dari ponsel ini tercapai dengan baik, apalagi diduetkan dengan kapasitas baterainya yang jumbo, yang akan kita ulas bersama di bagian selanjutnya.

nokia 2 lakukan lebih banyak hal

4100 mAh. Freedom to do more

Nokia 2 sekarang ini menjadi satu-satunya ponsel dari Nokia yang memiliki kapasitas baterai terbesar yang pernah ada. Dibandingkan kakaknya, Nokia 3 yang cuma punya 2630 mAh, Nokia 5 yang punya 3000 mAh, bahkan kakak tertuanya, Nokia 8, masih kalah dengan adik bungsunya itu karena cuma punya kapasitas baterai 3090 mAh. Sehingga dengan kapasitas baterainya yang terbesar, membuat calon user Nokia 2 merasa spesial, karena bisa melakukan banyak hal dengan Nokia 2. Banggalah kalian, wahai user Nokia 2, hehe.

Dengan kapasitas baterai segede itu, kegiatan kita sehari-hari bisa sangat terbantu sekali dengan Nokia 2. Telfon dan sms bisa lebih lama, eksis di media sosial lebih puas seharian, hingga membaca artikel-artikel berkualitas lainnya di JalanTikus bakal terasa sangat nyaman sekali.

Yang paling istimewa dari Nokia 2 ini ialah, daya tahan baterai yang bisa mencapai 2 hari lamanya dalam kondisi standby. Luar biasa, gaes. Dua hari itu lama banget loh. Bisa aktif menemani aktifitas kita dalam memberikan notifikasi telfon atau sms selama dua hari pemakaian adalah hal yang sangat sulit dijumpai pada ponsel sekarang ini. Apalagi dengan sekali siklus pengisian daya saja, Nokia 2 siap membantu kita melakukan lebih banyak hal. Tak perlu repot mengisi daya setiap hari, karena itu adalah hal jadul dimasa lalu.

nokia 2 update nougat 7 android

Kini Hadir dengan Android Nougat

Dengan dukungan Android Nougat 7.1.1 yang kabarnya bakal dapat update ke Android Oreo 8 membuat pengguna Nokia 2 gak merasa ketinggalan jaman. Fitur-fitur keren dari Google siap dicoba, seperti Split Screen, yang memungkinkan kita bisa mengoperasikan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Keren banget, bukan? Android Nougat membawa banyak fitur menarik lainnya yang bakal memanjakan user Nokia 2. Keren abis lah. Kalo andaikan gue punya Nokia 2 ini mah, gue bakal sering manfaatin fitur Split Screennya. Dimana gue sedang lagi nonton video di Youtube, secara bersamaan gue juga lagi baca artikel yang keren-keren di JalanTikus.

nokia 2 sudah pakai corning gorilla glass 3

Desain Material Kokoh, Menakjubkan

Nokia 2 sangat nyaman digenggam, karena ponsel ini memiliki kerangka alumunium yang tentunya dirancang dengan presisi oleh para ahlinya, ditambah lagi dengan bahan polikarbonat berkualitas pada bagian body belakangnya, membuat Nokia 2 sangat nyaman dipegang dan tidak gampang lepas dari genggaman. Ditambah lagi kita tidak perlu khawatir apabila Nokia 2 kita tidak sengaja jatuh, karena proteksi Corning® Gorilla® Glass 3 yang menjaga layar tetap tahan benturan yang tidak disengaja. Walaupun udah ada proteksi layar, jangan coba-coba deh menjatuhkannya dengan sengaja, atau dijatuhkan dari ketinggian yang gak wajar.

nokia 2 menggunakan layar LTPS hemat daya

LTPS IPS. Perfect Quality Display, Less Battery

Sekali lagi gue bilang, pemilihan LCD bagi Nokia 2 ini sangat tepat sasaran. Jika yang dibidik oleh Nokia ketika peluncuran Nokia 2 ialah ketahanan baterai hingga 2 hari standby, penggunaan LTPS IPS sangat tepat dan jenius. Bagaimana tidak? Tanpa mengurangi kualitas grafis yang dihasilkan, memandang layar Nokia 2 masih tergolong sangat nyaman dengan komposisi warna, kontras yang dihasilkannya. Lebih istimewanya lagi, kejernihan grafis itu bisa kita nikmati tanpa khawatir oleh baterai yang terkuras sangat cepat, karena LTPS IPS adalah panel layar khusus yang hemat daya dan efisien dalam penggunaan baterai.

Dengan ukuran layar standar yaitu 5 inchi, masih tergolong cukup nyaman untuk urusan multimedia bagi kamu yang gemar menonton film. Kualitas video yang bisa diputar pun sudah HD 1280×720 yang terbilang sangat baik bagi Nokia 2. Grafis yang dihasilkan pun lebih jernih karena kerapatan layarnya sudah 294 pixel tiap incinya. Sehingga sudah dikatakan Nokia 2 ini cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Kini bisa lebih puas bersosmed ria dengan grafis yang baik tanpa khawatir bateraimu cepat habis. Dijamin, kalau udah pakai Nokia 2, bakalan lupa deh sama yang namanya Powerbank.


Wah, jujur nih bagi kalian yang semula anggap sepele dengan spesifikasi Nokia 2 ini yang ‘katanya’ tidak sebanding dengan harganya, apakah stigma buruk kalian berubah setelah membaca ulasan dari gue?

Pasti dong. Nokia 2 dirancang dengan presisi untuk mencapai tujuan utamanya sebagai ponsel paling ramah baterai, satu-satunya dari Nokia, yang siap menggoda para calon usernya untuk menikmati serunya dua hari ditemani non-stop oleh Nokia 2 ini. Dan setelah kalian mengenal spesifikasinya, gue bakal ajak kalian lagi ke pembahasan ‘Mengapa kalian harus/direkomendasikan buat beli Nokia 2 ini sebagai daily driver kalian”

  • Nokia 2 ramah baterai.

Dengan kapasitas baterainya yang mencapai 4100 mAh, menjadikan Nokia 2 sangat tepat untuk kamu yang doyan beraktifitas seharian menggunakan ponsel tanpa khawatir kehabisan gaya. Jangan sampai deh mati gaya hanya karena batre habis, dan ribet bawa powerbank kemanapun. Karena dengan Nokia 2, habis baterai itu hanya ada di masa lalu.

  • Nokia 2 menawarkan kesan elegan untuk digenggam, dan rasa aman

Dengan didominasi bahan alumunium frame, polikarbonat berkualitas tinggi di bagian belakang, memberikan kesan modern dan elegan untuk digenggam dan dibawa kemana-mana. Adanya Corning® Gorilla® Glass 3 yang melindungi layarnya, membuat kita tidak khawatir lagi Nokia 2 kita terbentur atau tergores. Kualitas premium ponsel ini tak hanya dapat dirasakan saat penggunaan pertama, namun juga pada pemakaian sehari-hari.

  • Nokia 2 memiliki harga yang terjangkau.

Faktanya, hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp, 1.5 jutaan saja, kamu sudah bisa memiliki ponsel berbaterai badak ini dan siap-siap untuk beraktifitas bersamanya. Dijamin, dengan semua fitur utamanya, gak bakalan nyesal untuk mengeluarkan uang segitu untuk membawa pulang Nokia 2.

  • Nokia 2 cocok untuk kamu yang produktif

Seperti jargon yang dilekatkan pada Nokia 2, lakukan lebih banyak hal dengan Nokia 2. Lebih banyak baterai, lebih bisa melakukan banyak hal. Hanya dengan satu kali siklus pengisian daya, ponsel ini siap menemani kamu dua hari non-stop. Cocok banget untuk kamu yang produktif. #LakukanLebihBanyakDenganNokia2


Akhir kata, gue sudah kehabisan kata-kata untuk mengulas fitur-fitur unggulan dari Nokia 2 ini. Bila kamu tertarik untuk meminang salah satunya, ada dua varian yang bisa kamu pilih, yakni Pewter Black dan Pewter Putih. Bisa kamu kepoin dan beli langsung di dua ritel resmi, JD.ID dan Erafone. Gue merasa amat tersanjung, karena nama gue dijadikan varian warna dari Nokia 2 ini. Hehehe, bisa aja mah kamu, Nokia.

Semoga ulasan gue bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

48 thoughts on “Review Nokia 2 : Didesain Khusus Untuk Ketahanan Baterai

    1. Yap, tahan bantingan ringan karena ada proteksi Corning® Gorilla® Glass 3 yang melindungi panel layar Nokia 2 ini. Baterainya juga gede beut, 4100 mAh. Bayangin dah banyaknya aktifitas yang bisa dilakukan dengan Nokia 2 #FreedomToDoMore

      Like

  1. anehnya, kenapa nokia kayak kurang banter ya promosinya, baik di tv ato internet? *apacumagwdoang. jujur gw gak pernah megang unitnya langsung sejak nokia andoid keluar. temen2 gak ada yang pake nokia soalnya

    Like

    1. Karena mungkin, Nokia mengandalkan nama besarnya dahulu dan rasanya tidak perlu lagi mengumbar-umbar promosi lagi. Karena orang sudah percaya dengan kualitas Nokia. Masalahnya hanya saja orang banyak tergoda hp dengan spek wah dan mentereng seperti siomay, daripada mempertimbangkan durabilitas dan kepercayaan yang terjaga selama berpuluh tahun.

      Like

  2. Yang ku suka dari Nokia 2, ayarnya yang bukan cuma hemat energi, tapi bisa dilihat dibawah sinar matahari yang membuat aktifitas dan hobi selalu bersama Nokia 2

    Like

  3. Nokia 2, Kalau menurut saya sich hp yang merakyat banget dari segi harga, dari spesifikasi lumayan gahar sich dan yang paling di unggulkan dari Nokia 2 ini terdapat dari baterainya yang awet.

    Menarik bro ulasanya mengenai Nokia 2 ini.

    Like

  4. Mantap ulasannya mas, Nokia 2 hadir dengan android, bikin tampil keren tanpa powerbank. Sangat tepat untuk travelling meskipun di tempat yang sulit listrik.

    Like

  5. Selain baterenya yg super duper awet ,desainnya kokoh banget ,ga perlu khawatir kalo tiba2 pas megang hape nokia 2 ini jatoh ke lantai, udah gt layar nya juga udah gorilla glas 3 kan ya ,good luck yaa semoga bisa kebeli nokia 2 nya ,bolleh juga yg lain kalo mau liat tulisan sayahttp://ulasannokia.blogspot.co.id/2018/02/hari-gini-masih-rebutan-colokan.html

    Like

  6. Nokia 2 ini bisa jadi solusi bagi yang sering beraktifitas dengan ponsel, apalagi kalau pas ada hal penting di tempat kerja misalnya lupa gak bawa charnger / powerbank, sangat menjengkelkan ketika kehabisan baterei. Ivesort.com

    Like

  7. waaah liat ulusan kakaa, jd pengen balik lg pakai nokia yg kini dengan android dan pastinya hemat baterai hihi thankyou informasinyaaaaa

    Like

  8. Dari dulu selalu menunggu kabar baik nokia, maklum HP pertama kala itu ya nokia dan yang gue tau merk hp ya nokia. Itu dulu, sebelum android menyerang. Tapi sekarang keliatannya Nokia mulai berbenah sih. Hehe…

    Btw, walaupun batre Nokia 2 ini gede bgt sih, tapi ini udah versi lawasnya kan? Udah ada Nokia 8. Udah cukup ketinggalan sih menurut gue. Hehe

    Like

    1. Belum terlalu ketinggalan menurut gue. Malah momentum yang bagus, karena mereka mengawali tahun dengan merilis produk baru. 2018 bisa menjadi tahunnya Nokia kembali merebut pasar.

      Like

  9. udah baca-baca sebelumnya di web Nokia tentang Nokia . tapi baca ulang di artikel ini jadi makin jelas kenapa Nokia bisa hemat baterai dan fitur-fiturnya tetap unggulan. tfs

    Like

  10. saya perlu buat gojek, murni running app gojek saja :
    1. layar 4,5 – 5 inch ( ogah gede2)
    2. snapdragon ( perlu buat izat- gps nya)
    3. batere minim 3000
    4. storage minim 8 gb
    5. ram minim 1,5 gg
    6. 4G lte semua operator include smartfren.

    dari kebutuhan requirenment diatas ( menurut saya), nokia 2 ram nya kurang. tapi klo baca penjelasan mas bro nokia 2 ini walau hanya 1 gb tapi dirancang sedemikian rupa sehingga cukup powerfull.

    kira2 buat app ojek online, recomended ga ya mas bro. trims

    Like

Ada yang mau kamu utarakan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.