Setelah gue berhasil mendapatkan smartphone idaman gue yakni Infinix NOTE 4 lewat tulisan yang gue ikutsertakan di Infinix Blog Competition beberapa waktu yang lalu, nah gue kali ini penasaran untuk menguji sekali lagi kemampuan gue dalam menulis. Gue coba untuk menantang seberapa tangguhnya kemampuan gue dengan mengikuti lomba yang hadiahnya lebih besar. Yang perlu diperhatikan adalah, dibalik hadiah yang besar, akan ada rintangan dan tuntutan kualitas yang besar pula.

Lomba blog yang kali ini bakal gue ikutin bukan tidak mungkin akan bisa terwujud. Karena berkat kerja keras, keinginan apa yang tidak bisa diraih? Apalagi pasca terpilihnya gue menjadi salah satu pemenang lomba blog dari Infinix, membuat gue menjadi semakin yakin kalau gue bisa meraih apapun dengan usaha dan kerja keras.

Pengorbanan waktu, tenaga, dan materi tidak segan-segan gue kerahkan untuk menyiapkan postingan itu. Dimulai dari proses peramuan tulisan yang memakan waktu yang cukup lama, pencarian konsep headline yang tepat, hingga promosi postingan yang harus selalu rajin diseluruh platform sosial media yang gue ikuti. Dan akhirnya semua usaha itu membuahkan hasil. Sekarang gue udah punya smartphone baru nih. Gratis lagi, hehe.

Baca juga Infinix NOTE 4 (X572) : Smartphone Jaman Now

Semua usaha yang selama ini gue lakukan, ternyata membawa kemampuan menulis gue ke level yang lebih tinggi. Dengan bersenjatakan laptop jadul yang udah gue punya sejak tahun 2013 lalu, ternyata gue masih bisa berkarya disamping kekunoannya dan ketertinggalannya.

Laptop jadul gue malah berhasil membawa my writing experiences and abilities to the next level. Dari yang awalnya cuma nulis-nulis pos-pos alay yang really-really unfaedah, hingga sekarang ini gue berhasil memanfaatkan kemampuan gue dalam menulis untuk meraih sesuatu yang gue inginkan. What a archievement, right?

Bukan hanya meningkatkan kemampuan menulis gue aja, karena dengan laptop HP 430 yang sekarang gue miliki, udah gue pakai juga untuk memenuhi hobi gue ngegaming. Jadi, gue juga seorang gamers, tapi bukan gamers militan ya. Bukan seperti orang-orang yang rela ngeluarin uang ratusan hingga jutaan dollar rupiah hanya untuk membeli game terbaru.

hp

Lagipula, game yang sering gue mainkan juga tidak tergolong sebagai ‘game berat’, dan lebih sedihnya lagi, setiap kali gue akan memainkan sebuah game, gue harus rajin ngecek specification requirementnya agar game yang gue install dipastikan berjalan lancar dan kompatibel dengan laptop jadoel kesayangan gue ini.

Game-game PC seperti PES 2016, PES 2017, Spec Op The Line, Lost Saga, dan First Assault, semuanya udah gue coba dan lancar jaya ketika gue mainkan. Dan bisa dikatakan, gue mengenal dunia gaming berkat laptop gue sekarang ini. Walau selalu ada keinginan didalam hati untuk upgrade laptop secepatnya, agar gue bisa mengunduh dan memainkan game-game favorit gue tanpa harus ngecek sysreq* nya dulu.

*sysreq = system requirements,
persyaratan spesifikasi sistem untuk
menjalankan sebuah aplikasi/game.

Tapi overall, gue sangat beruntung banget bisa memiliki HP 430 ini, karena banyak sekali kenangan-kenangan manis semasa gue menggunakan laptop ini. Gue juga berterima kasih banget untuk perusahaan Hewlett-Packard yang memproduksi HP 430 dengan harga murah meriah pada masanya, tapi punya spesifikasi hebat yang setara dengan laptop gaming standar jaman sekarang. Padahal HP 430 ini keluaran tahun 2013, lho. Hebat banget bukan?

Tapi sayangnya, gue sangat membutuhkan peningkatan. Tidak mungkin gue ingin meningkatkan skill gaming gue ke level yang lebih tinggi, sementara gue masih pakai ‘senjata’ yang lama. Nah, gue pengen banget tuh upgrade ke laptop yang punya spesifikasi lebih mumpuni dan playable dengan beberapa game keren sekarang ini.

Entah kapan gue bisa upgrade ke laptop baru. Namun tidak dengan keadaan finansial gue yang sekarang.

Bicara soal upgrade nih, kita semua menginginkan peningkatan dalam hidup kita. Bahkan untuk urusan gaji sekalipun, kita pasti sering mengeluh soal gaji yang pas-pasan. Walaupun gaji yang sekarang ini sudah berkecukupan, tapi kita selalu menginginkan lebih.

Ibaratnya gini, kita udah punya pacar yang cantik, tapi malah pengen yang lebih cantik seperti Pevita Pearce. Parahnya, setelah jadian dengan pacar secantik Pevita Pearce, eh ternyata kita pengen balikan sama mantan. Karena hari demi hari, kita sadar kalau mantan bertambah cantik pasca putus. Ngenes banget, bukan? Namanya pun manusia, ya kan? Sifat manusia yang tidak pernah puas. Selalu menginginkan peningkatan yang lebih.

Untuk apa itu semua? Ya, jelas. Kita ingin dibawa ke tingkatan yang lebih tinggi dalam hidup kita. Kita merasa masih belum meng-unleash, atau mengerahkan seluruh kemampuan terbaik kita, sehingga kita membutuhkan fasilitas yang lebih baik lagi untuk mewujudkannya. Bahkan Serena Williams pun tidak akan bisa berprestasi lebih tinggi lagi dengan raket lamanya.

Itu sebabnya, kita sangat menginginkan peningkatan. To take us to another level. Yes, of course. Money takes our life to another level. And if you got the money, now the real question is, what aspect do you want to upgrade?

Salah satunya ialah, kemampuan gue bermain game. Tentu saja itu yang sangat ingin gue tingkatkan andaikan gue bisa punya laptop baru. Gue ingin meningkatkan kemampuan gue bermain game, lalu mengalahkan musuh-musuh gue dengan mudah, conquer & dominate the game, and finally be the winners.

Sebenarnya gue bukan hanya memuaskan hobi gaming, karena gue juga hobi membuat film dokumenter singkat untuk kepuasan pribadi. Dan apabila gue ditanya tentang software editing film favorit, nah gue itu lebih suka pakai Filmora, karena kemudahan dalam menggunakannya. Gue sarankan kalian yang hobi dengan dunia perfilman dan editing video, Filmora cocok banget jadi “mainan” pertama kalian.

Dan terkadang ketika gue butuh efek-efek tingkat lanjut atau tool yang lebih lengkap, gue coba edit pakai Sony Vegas Pro, yang memang pada dasarnya memiliki fitur yang lebih lengkap. Tapi laptop jadoel gue yang hardware pas-pasan seringkali tidak sanggup merender video di Sony Vegas, hingga akhirnya gue terpaksa balik lagi pake Filmora. Duh, ribetnya gonta-ganti aplikasi. Belum lagi lemot. Maklum, laptop jadul hehe.

videoo

Editing video dan gaming. Dua hal yang pasti akan gue kembangkan apabila gue berhasil upgrade ke laptop baru. Dan pastinya skill editing video gue bakal naik ke level yang lebih tinggi, apabila didukung laptop dengan hardware yang mumpuni.

Di pasar laptop gaming sekarang ini, ada banyak sekali brand yang bisa kita andalkan dalam urusan gaming dan juga sanggup diajak ngerender video. Banyak sekali. Pilihan sudah tersedia, dengan variasi spesifikasi yang beragam, dan juga tingkatan harga yang beragam pula. Namun, dalam memilih laptop, diperlukan sedikit kejelian dan kecerdikan tersendiri untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita. Agar banyaknya uang yang kita keluarkan sepadan dengan spesifikasi terbaik yang dimiliki oleh laptop yang kita dapat.

Penasaran untuk menjatuhkan pilihan diantara beragamnya brand laptop gaming sekarang ini?

ASUS. Mengapa gue menyarankan brand ini?

Perusahaan laptop ini selalu stabil di posisi pertama sejak akhir tahun 2013 dengan posisi pangsa pasar yang sangat tinggi, hingga mencapai 51,7 persen. Update terbaru pada Desember 2017, pangsa laptop consumer ASUS kembali meningkat hingga 41,9 persen, hingga tidak heran selama tahun 2017 yang lalu, ASUS dianugerahi Penghargaan TOP Brand Award untuk kategori bisnis laptop di tahun 2017.

ASUS juga menjadi rajanya laptop gaming No.1 untuk regional Asia Tenggara, karena market share yang besar untuk negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, mencapai 26,3 persen. Itu sebabnya ASUS sampai sekarang menjadi pilihan nomor satu para Gamers, berkat jajaran prestasi yang sudah diukir, yang tentunya diraih karena kualitas dan inovasi dari ASUS itu sendiri.

rogg

Brand yang satu ini sudah sangat lama dikenal dengan seri Republic Of Gamers-nya, atau lebih kerennya disingkat ROG. ROG menjadi brand laptop gaming paling dipercaya oleh banyak gamers. Bahkan keluaran seri ROG Flagship mereka yaitu ROG GX800 dijuluki The Choice Of Champions, karena spesifikasinya yang sangat tangguh, dan juga harganya yang hanya bisa dibeli oleh orang-orang sekelas Sultan.

Gue akui, kualitas laptop keluaran dari ASUS, khususnya seri ROG-nya berhasil menjaga kepercayaan pengguna setianya dengan selalu berinovasi memproduksi laptop-laptop casual dan gaming yang kaya akan fitur, ditambah lagi spesifikasinya yang bakal buat kita semua ngiler. Semua kids jaman now yang hobi ngegaming, gue yakin bakal prefer ke ASUS jika ditanya mau pakai laptop apa.

Nah, kembali ke curhatan gue tadi. Gue pengen upgrade laptop, dan sebisa mungkin itu ke laptop gaming, dan ceritanya ini, gue udah ngebet banget beli Laptop dari ASUS, khususnya seri Republic Of Gamers-nya. Tapi berhubung gue hanya seorang mahasiswa kere nan qismin yang kaga sanggup beli smartphone baru, hingga harus ikut lomba blog dulu, lalu akhirnya bisa punya ponsel baru, merasa sangat tidak sanggup, setidaknya untuk membeli laptop versi termurah dari seri ASUS ROG, yakni berkisar 12 jutaan.

12 juta? OMG.

Seandaikan gue curhat ke orangtua gue untuk dibelikan laptop gaming ROG yang harganya 12jutaan itu, mungkin bakal ditolak mentah-mentah. Tidak sampai disitu aja. Gue juga bakal mulai diomelin dengan topik uang kuliah. Yap, bener banget. 12 juta itu setara dengan uang kuliah gue selama 4 semester, tepatnya itu dua tahun. Mungkin gue bakal dijejali pertanyaan retorika seperti

“Daripada kamu beli laptop harga 12juta itu, mending kamu bayar uang kuliah kamu, trus belajar yang bener. Nanti udah sukses, baru kamu beli laptop manapun yang kamu mau.”

“Intinya, pentingan mana, laptop untuk ngegame gak jelas atau kuliah untuk kesuksesan?”

Noh, yang terakhir itu nyesek banget loh.

Gue akhirnya berpikir ulang.

Kalau disisi lain gue bisa dapat smarphone baru dari lomba menulis, kenapa gue gak nyari lomba nulis juga yang berhadiah laptop, agar gue bisa punya laptop gratis tanpa harus membebankan orangtua gue memenuhi segala kebutuhan gue?

Ide mutiara itu langsung saja terlintas di pikiran gue, dan gue segera buka browser ponsel baru gue #*ciee* untuk mencari-cari info lomba blogging yang hadiahnya lebih spesifik ke arah laptop.

Nah, sedikit bocoran tentang sifat gue. Gue ini orangnya suka banget ngefollow akun resmi verified, baik itu di instagram, twitter, ataupun fanspage resmi Facebook. Walaupun gue gak memiliki produk dari brand yang gue follow itu, tapi setidaknya itu memberi efek cuci mata yang efektif kala gue bosan.

Dan lagi entah kenapa gue lebih suka ngefollow akun begituan, daripada ngefollow akun teman gue sendiri. Hehe, kejam amat yak. Dan akhirnya kebijakan gue itu mendatangkan berkah tersendiri buat gue.

Tak beberapa hari kemudian, setelah gue habis nonton doi lagi siaran langsung di instagram, gue malah nemu pos begini di timeline instagram gue.

Setelah gue cek & recheck tentang kebenaran info lomba ini, gue langsung meluncur ke website bocahrenyah.com, dan gue langsung memutuskan untuk berpartisipasi dalam lomba blog itu, dan KEBETULAN disitu ada laptop gaming yang bisa diulas, nah gue rasa itu bisa gue tangani.

Tapi anehnya ketika gue periksa detail laptop yang akan diulas, malah membuat gue jatuh cinta pada pandangan pertama pada laptop itu. Dia adalah ASUS X550IK, laptop besutan ASUS yang kali ini berkolaborasi bersama AMD, perusahaan penghasil chipset terkemuka, menciptakan laptop gaming nan powerful dengan budget yang rendah. Yang membuat gue semakin jatuh cinta dengan laptop ini ialah, spesifikasinya yang luar biasa.

what a beauty

Gue udah terlanjur jatuh hati pada pandangan pertama, dan gue akan berusaha sekeras mungkin untuk meraihnya. Gue udah bisa bayangkan apabila nanti ASUS X550IK ini sudah ada didalam pelukan gue, skill gaming gue bakal melonjak drastis, skill editing video gue akan semakin meningkat tiap harinya. Ditambah lagi gue akan semakin rajin ngeblog dan menulis dengan laptop baru Dan yang paling utama, gue gak perlu nyusahin orangtua gue untuk membelikan kebutuhan tersier gue yang harganya wah-wah sekali.

Tapi, bukannya semua laptop itu fungsinya sama aja ya? Apa sih yang buat ASUS X550IK ini begitu spesial?

Yap. Gue udah gak sabaran banget pengen mengulas calon laptop kesayangan gue ini, dengan detail selengkap-lengkapnya dan gue juga menyediakan ilustrasi yang kiranya semakin memanjakan mata kalian untuk mengenal sosok ASUS X550IK ini. Nah, kita bakal mulai dulu dari desainnya.

  • Desain

Kita menilai sesuatu dari pandangan pertama, bukan? Yap. Bener banget. Ketika gue datang ke IT Garage di Plaza Elektronik di kota gue, gue langsung mencari ASUS X550IK di toko-toko pertama yang gue temui untuk sekedar lihat-lihat desainnya dan tanya-tanya dengan kakak-kakak penjualnya yang kebetulan cantik. Dan ternyata, desain dari ASUS X550IK ini lebih cantik dari parasnya kakak-kakak SPG yang sedang gue ajak ngobrol. Beneran keren banget desainnya. Pandangan pertama gue pada laptop ini sukses membuat gue kesemsem berat dengan ASUS X550IK ini.

Desain yang mewah dimulai dari warna Black Glossy yang membalut bagian cover depannya, ditambah lagi dengan kombinasi garis-garis berwarna merah yang sangat kekinian dan menurut gue mengikuti trend laptop gaming jaman sekarang. Gue yakin jika ciri khas laptop gaming keluaran ASUS selalu warnanya didominasi dengan warna merah dan hitam. Siapapun yang menciptakan pola warna merah-hitam ini di bagian per-desainan di Perusahaan ASUS, gue cuma mau bilang “He’s a genius!”

geniusdesign

Pola dari garis-garisnya itu sederhana, tapi keren banget. Ditambah lagi warna hitamnya juga nampak solid dan menegaskan bahwa ASUS X550IK ini memang bukan laptop murahan. Laptop gaming ini memang boleh murah, tapi samasekali gak murahan.

Desainnya pintar dan cerdik menurut gue. ASUS merancang desain dari laptop ini dengan finishing spun-circle dan area palmrest yang diberi pola yang keren banget, sehingga kesannya itu elegan dan cerdas pula untuk kegiatan sehari-hari. Ketika gue coba sentuh permukaan bodynya, memang bakal nampak bekas-bekas fingerprint jari gue yang menempel. Tapi kakak-kakak SPG segera mengatakan kalau bekas fingerprint tadi, gampang banget dibersihkan. Cuma diusap pelan memakai tisu, cap fingerprintnya bakal segera hilang, dan tidak membekas.

  • Desain Keyboard

Keyboardnya juga dirancang begitu presisi, dengan huruf alfabet berwarna merah mencolok yang merupakan ciri khas laptop gaming jaman now. Dan begitu gue dapat kesempatan untuk nyobain sensasi mengetik dengan laptop ini, terasa banget sentuhan dan tekanannya lembut banget, dan anti slip juga. Tombol-tombolnya gak licin, dan gue suka banget kesan pertama yang timbul. Sangat nyaman deh dipakai untuk ngegaming atau ngetik berjam-jam, otomatis juga meningkatkan kepercayaan diri kita ketika sedang beraktifitas bersama ASUS X550IK ini.

Kenyamanan itu penting banget. Ketika kita sudah feel comfort dengan apa yang kita lakukan, maka tingkat konsentrasi juga akan meningkat. Kalahkan musuh-musuhmu dengan mudah, karena bermain dengan ASUS X550IK tidak pernah senyaman ini.

staycool

Selain desain keyboardnya yang kece banget, tak lupa juga dilengkapi dengan area touchpad yang luas. Touchpad-nya juga udah canggih juga loh. Karena sudah dibenamkan fitur input multi-touch dan teknologi ASUS Smart Gesture yang membuat kita nyaman mengoperasikan laptop hanya dengan jari-jari mungil kita, tanpa perlu lagi bantuan tetikus. Akan semakin nyaman lagi karena ada fitur IceCool Technology yang membuat kawasan palm rest tetap dingin walaupun dalam jangka pemakaian yang lama. Stay cool, bro!

  • Spesifikasi Display

Masih soal design dari laptop ini yang menurut gue joss banget, nah sekarang mari kita beralih ke desain panel layarnya yang juga tak kalah kece.

Kini saatnya menguasai medan pertempuran dengan pandangan yang lebih luas berkat panel layar ASUS X550IK yang sudah FULL High Defintion beresolusi 1920x1080px serta refresh rate sebesar 60Hz. Kedua mata kita bakal dimanjakan dengan kualitas grafis yang memukau serta memiliki detail yang menakjubkan oleh ASUS X550IK ini.

Panel layar 15.6′ inchi milik laptop gaming ini juga sudah memiliki rasio layar 16:9, yang saat ini telah menjadi standar internasional untuk layar FHD. Fitur Anti Glare Panel juga sudah dibenamkan pada layar ASUS X550IK ini dan juga memiliki tingkat luminasi 45% NTSC warna yang kaya, lebih unggul dari panel layar laptop yang setara. Sehingga menatap grafis yang ditampilkan di ASUS X550IK akan sangat kaya akan warna, detail yang jernih, dan nyaman dilihat untuk waktu lama.

Apalagi kamu yang demen nonton drama korea atau TV series, dijamin bakal ketagihan deh dengan grafis yang dihasilkan oleh panel layar ASUS X550IK ini. 45% NTSC yang diberikan bakal menghasilkan spektrum warna yang lebih luas, menawarkan pengalaman menonton film yang tak pernah kamu rasakan sebelumnya. Ada juga tuh teknologi ASUS Splendid, yang bakal memberikan kustomisasi kadar cahaya yang bisa kita sesuaikan sendiri, sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita. Dijamin, menonton film di ASUS X550IK tidak pernah sesempurna ini!

  • Spesifikasi Dapur Pacu Flagship

Selanjutnya kita bakal bahas spesifikasinya, nih. Ini saat-saat yang paling gue tunggu, karena gue sebenarnya jatuh cinta pada ASUS X550IK ini ya, karena spesifikasinya yang gahar dan luar biasa. Percaya gak kalian kalau laptop seharga 10 jutaan udah menggunakan processor flagship dan juga menggunakan komponen kartu grafis yg hebat? Gak percaya kan? Mari kita ulas bersama-sama.

  • Processor

ASUS memang sangat cerdas kali ini dalam menggaet AMD sebagai partner penyuplai processor sekaligus kartu grafis pada ASUS X550IK ini. Tanpa ampun, ASUS langsung membenamkan Processor Flagship* terbaru generasi ke 7 dari AMD APU Mobile Series, yakni AMD® Bristol Ridge FX-9830P yang adalah chipset tertinggi pada jajaran processor APU milik AMD.

*Produk flagship adalah sebuah produk inti atau
produk unggulan dari suatu perusahaan.

Processor ini memiliki kecepatan clockspeed Turbo Core dari 3.0 Gigahertz hingga 3.7 Gigahertz, yang tentunya sangat handal untuk melakukan kegiatan multimedia yang berat. Prosesor ini bekerja dengan jumlah empat core yang masing-masing berkecepatan di kisaran frekuensi 3.0 sampai 3.7 GHz, saling terintegrasi untuk menghasilkan kinerja laptop yang optimal. Besaran cache dari processor ini sebesar 2MB yang paling jago kalo diajak ber-multitasking ria berkat performanya yang mumpuni.

Prosesor seri Bristol Ridge ini adalah penerus dari seri Carrizo yang sebelumnya sudah sangat sukses dengan model FX-8800P-nya. Seri Bristol Ridge kali ini juga membawa beberapa perubahan kinerja yang lebih baik, dan memiliki desain yang hampir identik dengan seri Carrizo sebelumnya. Berkat proses produksi yang telah dioptimalisasi, kecepatan clockspeed dari model FX-9830P ini dapat bekerja di kisaran clock yang tinggi dengan tingkat konsumsi yang sama bahkan lebih rendah.

Bahkan performa APU dari AMD® Bristol Ridge FX-9830P masih bisa lagi ditingkatkan lagi apabila pengguna melakukan upgrade RAM dari yang tadinya hanya 8GB single channel, menjadi 16 GB dual channel, karena ASUS X550IK ini sudah didukung oleh penggunaan RAM dual channel, yang pastinya membawa efek kinerja yang sangat cepat, ngebut, dan juga hemat konsumsi daya.

Untuk tipe RAM yang digunakan, ASUS X550IK ini sendiri sudah menggunakan form factor DDR4 yang berkecepatan 2133MHz, lebih baik performanya dari kakaknya, form factor DDR3, yang pastinya membuat segala aktifitas gaming dan ngedit video pasti akan lancar tanpa adanya lag ataupun stuck. Beralih ke satu aplikasi yang sedang dibuka ke aplikasi yang lain bakal terasa smooth dan tanpa lag sama sekali, berkat kapasitas RAM-nya yang leluasa, dibantu juga oleh kinerja processor berkecepatan Turbo Core ini.

Selain penggunaan RAM dual channel yang turut berimbas pada efisiensi dayanya, AMD® Bristol Ridge FX-9830P juga dilengkapi teknologi bernama AMD Advance Power Management, yang berguna untuk mengalokasi dan mengatur tugas-tugas yang dibebankan kepada processor sesuai dengan kebutuhan, sehingga akan berdampak pada ketahanan baterai yang tahan lama, dan pekerjaan-pekerjaan yang sedang dibuka juga akan selesai dengan efektif dan efisien. Processor dengan kinerja seefektif itu apabila diduetkan lagi bersama RAM dual channel tadi, tentunya akan menyajikan sensasi multitasking yang sempurna.

apu

Benar-benar performa yang sangat tangguh dari AMD® Bristol Ridge FX-9830P. Sangat pantas jika seri chipset ini disebut processor Flagship, dan ASUS X550IK ini bisa dibilang sangat beruntung menggunakan processor ini. Jika dilihat dari range harganya yang tergolong sangat murah untuk kelas laptop gaming, ditambah lagi menggunakan processor flagship, yang termasuk jajaran chipset tertinggi dari seri Processor APU dari AMD, ASUS X550IK ini rasanya sangat pantas untuk dimiliki oleh gamers jaman sekarang.

Berkat processornya yang tangguh, pekerjaan multimedia seperti rendering video akan terasa sangat optimal dan juga efisien. Begitu juga ketika bermain game, processor ini akan memberikan sensasi bermain gaming yang tidak pernah kita rasakan sebelumnya.

  • Graphic Proccesing Unit

Satu lagi hardware yang tak bisa dilupakan ialah sektor GPU. Processor flagship tentunya harus dibarengi juga dengan GPU yang baik pula. Dalam hal ini, ASUS membenamkan kartu grafis mumpuni AMD Radeon RX560 yang disertai dengan Video RAM atau lebih beken disingkat VRAM sebesar 4GB. Sangat kompatibel dan playable dengan beberapa game keren sekarang ini yang membutuhkan VRAM lumayan besar untuk menghasilkan rendering grafis yang halus dan jernih.

Radeon RX560 ialah GPU generasi keempat dari AMD dengan 14 buah compute unit dan 1024 stream processor, serta mengalami peningkatan performa sebesar 6%, yakni 1.275 MHz untuk tingkat Boost Clock Frequency-nya, dan 1.175MHz untuk tingkat Base Clock Frequency-nya. GPU ini sudah berfabrikasi 14nm yang terkenal dengan efisiensi dayanya*, dan memiliki memory bus sebesar 128bit serta kecepatan clock memorynya mencapai 3500Mhz. Unggul sangat tipis jika dibandingkan dengan pesaingnya dari merk sebelah, Nvidia Geforce GTX 1050 dan GTX 1050 Ti.

*jika dibandingkan dengan fabrikasi 28nm

AMD Radeon RX560 ini digadang-gadang sebagai pesaing utama dari Nvidia GTX 1050 dalam soal harga dan performa, walau melalui beberapa tes benchmark menunjukkan bahwa RX560 tetap kalah performa dari GTX 1050 ini.

qqqqq

Itu disebabkan karena AMD memang mempersiapkan GPU ini bukan untuk laptop high-end range, melainkan untuk menawarkan performa yang menakjubkan untuk sebuah laptop gaming tanpa harus menguras budget yang mahal untuk biaya produksinya. Dan ASUS X550IK ini menjadi laptop paling beruntung yang ditanamkan AMD RX560 ini sebagai GPU pengolah grafis utamanya. Karena Radeon RX560 ini dijamin akan sangat tangguh dalam menampilkan grafis berkualitas saat bermain game dengan frame rate yang tinggi, yang sekarang ini sangat didambakan oleh banyak gamers.

Untuk menambah frame-rate yang dihasilkan oleh GPU ini, fitur Radeon FreeSync™ Technology mengambil peran yang cukup besar dalam proses rendering grafis ketika bermain game. Karena teknologi ini sebisa mungkin akan mengurangi tearing, shuttering, dan lag yang sangat dibenci oleh para gamers. Teknologi Radeon FreeSync™ akan menstabilkan refresh rate antara layar dan RX560 sebagai GPU, sehingga menghasilkan grafis yang halus tanpa lag. Ucapkan selamat tinggal pada Lag!

Dan kebetulan gue udah membaca beberapa ulasan para gaming enthusiast di channel Youtube atau artikel mereka di beberapa forum, yang menguji performa GPU dari Radeon RX560 ini dengan memainkan beberapa tes benchmark ataupun gaming test.

Dan hasilnya, menakjubkan. ASUS X550IK dengan dibekali dengan AMD RX560 dapat diandalkan dalam bermain game-game keren yang pastinya akan menawarkan kualitas gambar yang menakjubkan tanpa harus kehilangan FPS yang umum terjadi pada laptop gaming brand lain. Apalagi ketika dibandingkan performanya dengan GPU dari merk sebelah, GTX 1050, GPU dari AMD tersebut malah berhasil menyajikan performa yang lebih optimal dan skor yang lebih tinggi.

Radeon RX560 mampu merender grafis dengan kinerja yang lebih baik, dengan didukung berbagai fitur canggih yang dibenamkan oleh AMD kedalam GPU ini, seperti

Bahkan hebatnya lagi, setelah gue coba cari tahu dari situs resmi AMD, ternyata AMD Radeon RX560 ini sudah support resolusi video 4K. Seperti yang dikatakan oleh Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS,

“Untuk Anda para pengggemar konten multimedia beresolusi tinggi, dapat memanfaatkan dukungan teknologi bernama HEVC, yang memungkinkan para pengguna menikmati pengalaman multimedia terbaru dengan resolusi video mencapai Ultra HD 4K secara lancar,” ucapnya.

Ini tentunya sangat memberi kenyamanan bagi kamu yang gemar menonton film box office di laptop, ASUS X550IK bisa menjadi pilihan tepat untuk urusan hiburanmu. Memutar film berkualitas HD dan FHD, hingga menonton video dengan reoslusi 4K dengan ASUS X550IK akan memberikan pengalaman menonton yang luar biasa dengan detail grafik dan tingkat kejernihan yang luar biasa.

Bermain game? Aduh, kita sudah berulang-ulang membahas ini. Tidak perlu ditanyakan lagi. Dibandingkan pendahulunya yaitu Radeon RX360, Radeon RX560 memiliki 2.5 kali lipat lebih tinggi dalam hal performa. Untuk urusan nonton video saja udah keren, apalagi diajak bermain game.

Kamu mau main game apa? Hampir semua nama-nama game yang familiar di telinga gue belakangan ini mampu dijalankan dengan optimal oleh Radeon RX560 ini. Seperti game Civilizations, Doom, Battlefield 1, Hitman, Overwatch, hingga game yang satu-satunya bakal gue mainkan nanti ialah, Pro Evolution Soccer 2018.

Khususnya nih, di tahun 2018 bakal banyak game-game baru yang siap dicoba dan tentunya membutuhkan spesifikasi laptop yang bagus pula. Dan ASUS X550IK yang dipersenjatai processor flagship terbaru, AMD Radeon RX560, RAM 8GB ini sangat tepat untuk memuaskan hasrat bermain gaming kamu.

speed as light

  • Random Acces Memory

Sudah pakai Processor flagship generasi ke-7, menggunakan GPU AMD Radeon RX560 yang handal dalam memainkan game-game keren, nah untuk mempercepat kinerja ASUS X550IK ini, tak tanggung-tanggung, ASUS langsung membenamkan RAM berformat factor DDR4 sebesar 8GB pada laptop gaming murah kali ini. Malah bisa lagi diuprade hingga 16GB apabila performa multitaskingnya masih dirasa kurang maksimal.

Seperti yang sudah gue singgung sebelumnya di bagian Processor, dengan RAM sebesar 8GB berformat DDR4, semua kegiatan multitasking akan berjalan dengan lancar, dan tidak bakal ada lagi tuh namanya lemot ataupun emosi membanting meja karena kinerja laptop yang super duper lemot. Karena dengan ASUS X550IK, semua pekerjaan dan aktivitas gamingmu bakal terasa ringan, cepat seperti cahaya.

  • Sound Peripherals

Kali ini ASUS benar-benar akan memanjakan kita dengan kualitas suara yang menakjubkan, berkat SonicMaster, software dari ASUS yang menyediakan kualitas suara yang jernih dan presisi, yang membuat kita merasa nyaman menikmati film Box Office kesukaan kita, mendengarkan lagu offline ataupun online, hingga sensasi luar biasa menakjubkan ketika bermain game.

Apalagi disaat bermain game, ASUS SonicMaster bakal menghasilkan efek suara yang detail saat bertempur bareng ASUS X550IK ini, hingga rasanya kita sedang berada langsung di medan perang yang sesungguhnya. Ditambah jika kita menggunakan headphone yang tentunya harus berkualitas pula, suara yang dihasilkan akan sangat baik berkat ASUS AudioWizard yang menyediakan banyak equalizer yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan suara yang kita inginkan.

Sensasi menonton film di ASUS X550IK ini juga akan terasa optimal, karena berkat suara yang jernih oleh ASUS SonicMaster, dan tambahan kustomisasi ASUS AudioWizard, rasanya seperti punya bioskop pribadi di laptop sendiri ya.

  • The Latest Operating System

ASUS X550IK sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 Home asli yang menawarkan banyak fitur-fitur unggulan dari seri Windows sebelumnya. Menurut gue sih, Windows 10 itu OS terbaik saat ini, karena dirancang untuk senantiasa mendampingi kita dari satu perangkat ke perangkat yang lain tanpa kendala. Begitu cepat dan responsif.

Kita sebagai pengguna Windows 10 bahkan mendapatkan dukungan gratis melalui telepon atau obrolan dengan staf dari Microsoft langsung untuk mengatasi masalah kita. Dengan Windows 10, melakukan berbagai hal hebat menjadi begitu mudah bagi kita.

Windows 10 memadukan Windows yang sudah lama kita kenal dan menambahkan penyempurnaan luar biasa yang pasti para pengguna ASUS X550IK sangat menyukainya. Dengan teknologi seperti InstantGo, yaitu fitur canggih yang memungkinkan kita dapat melakukan booting dan melanjutkan pekerjaan dengan cepat. Dan sekarang, Windows 10 hadir dengan lebih banyak fitur keamanan yang terpasang untuk membantu melindungi laptop ASUS X550IK kita dari perangkat lunak berbahaya.

Baca juga HP Presents ‘THE WOLF’ – Apakah Data-Data Penting Milikmu Sudah Aman?

Dengan adanya Windows 10 Home yang asli di perangkat ASUS X550IK ini, dijamin gue bakal betah banget ngegaming karena banyak game-game baru yang sudah kompatibel dengan Windows 10. Laptop ini juga bakal terus mengalami peningkatan performa berkat Windows Update yang secara berkala menyediakan update terbaru dan optimalisasi sistem, bagi pengguna yang membeli Windows 10 asli. Penggunaan Windows 10 di ASUS X550IK ini bisa dibilang sebagai pilihan yang tepat dan brilian untuk penggunanya.

Gue udah ngomong panjang lebar ngomel soal spesifikasi ASUS X550IK yang semakin gue analisis, malah membuat gue speechless alias gak bisa berkata apa-apa lagi. Karena hanya dengan budget 10 jutaan lebih sedikit, kita udah bisa dapat laptop gaming dengan spesifikasi luar biasa, yang bisa kita andalkan untuk segala urusan gaming, editing video dan grafis, dan segala kebutuhan kita.

  • Other Amazing Features

Dan sebagai pembahasan terakhir sebelum kita masuk ke bagian kesimpulan, nah gue coba paparkan beberapa spesifikasi dari ASUS X550IK yang mungkin tidak gue singgung di pembahasan utama tadi. Ini dia.

InstantOn Quick WakeUp Features

Dengan processor berkecepatan clock tinggi yang mumpuni dalam memproses data, laptop ini bisa dinyalakan secara instan dari kondisi sleep hanya dalam waktu dua detik saja. Sangat berguna siapapun yang ingin melanjutkan pekerjaannya dengan waktu yang cepat. Sehingga ketika ide dan gagasan brilian melintas dibenak kita, kita bisa langsung mengerjakannya dengan cepat. Dan karena itu, laptop ini pantas dijuluki sebagai Laptop For Everyone, karena siapapun pasti sangat menyukai fitur Quick InstantOn ini.

Penyimpanan yang besar.

ASUS X550IK dibekali penyimpanan sebesar 1TB alias 1000GB yang sangat berguna bagi kita untuk menyimpan file-file besar seperti instalan game, aplikasi besar, film dan musik tanpa terkendala penyimpanan sama sekali. Bahkan gue rasa, dengan penyimpanan segede ini, bisa dibilang kita tidak lagi membutuhkan harddisk eksternal, karena kita bisa menyimpan file kita dengan leluasa di laptop ini. Selain itu juga, ASUS X550IK juga handal dalam urusan transfer file, berkat USB versi 3.0 yang menawarkan kecepatan transfer data hingga 10 kali lebih cepat dibandingkan USB versi 2.0.

I/O Port yang lengkap

Kita bisa leluasa menyambungkan perangkat ponsel atau media lainnya berkat variasi USB port yang disediakan di ASUS X550IK ini. Ada satu buah port Microphone-in/Headphone-out jack, satu buah VGA port/Mini D-sub 15-pin untuk monitor eksternal, tiga buah USB versi 3.0 port, satu buah USB versi 2.0 port, satu buah RJ45 LAN Jack untuk LAN insert, dan satu buah HDMI port untuk kepentingan multimedia kita. Begitu lengkap, dan tata letaknya juga praktis dan efektif. Sehingga tak perlu lagi beli USB port tambahan, karena sudah disediakan empat USB port di ASUS X550IK ini. Sangat lengkap, bukan?

Garansi Global selama 2 Tahun

Ada beberapa dari kita yang masih gaptek atau minim pengetahuan soal laptop, sehingga ketika ada kerusakan kecil yang timbul pada ASUS X550IK milik kita, kita merasa panik dan mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Tindakan itu sangat tidak disarankan, sob! Lebih baik kita menyerahkan ASUS X550IK kita ke Service Centre untuk direparasi, karena sudah disediakan garansi resmi selama dua tahun yang berlaku secara Global, alias berlaku dimana saja, di negara mana saja kita sedang berada.

Setidaknya dengan adanya garansi, kita tidak lagi khawatir manakala laptop kita mengalami kerusakan, karena masalah-masalah yang timbul di ASUS X550IK kita bakal ditangani oleh ahlinya di ASUS Service Centre. Dengan begitu, kita bisa bermain tanpa rasa khawatir!

*****

Nah, kita sudah sampai pada bagian kesimpulan di postingan review gue kali ini. Dengan spesifikasinya yang keren banget, gue semakin jatuh cinta dengan ASUS X550IK ini, dan gue harap juga kalian yang membaca ini juga demikian. Dan ga ada alasan bagi orang menolak jika ditawari ASUS X550IK yang notabenenya adalah laptop gaming dengan harga murah, karena spesifikasi yang ditawarkan sangat sebanding dengan harganya.

ASUS X550IK ini sangat tepat buat kamu yang hobi ngegaming, berkat spesifikasi processor flagship yang dimilikinya, serta kartu grafis AMD Radeon RX560 yang sanggup memainkan game-game keren tanpa kendala, dan RAM sebesar 8GB yang membuat kamu bakal ketagihan bermain gaming dengan ASUS X550IK  ini. Skill gamingmu bakal naik dengan signifikan karena didukung oleh spesifikasi laptop yang mumpuni, dan juga kenyamanan yang dirasakan saat bermain berkat fitur-fitur yang ditanamkan didalamnya.

Laptop ini juga sangat gue rekomendasikan buat penikmat film-film Box Office, karena kualitas layarnya yang sudah Full HD. Bahkan istimewanya lagi, laptop ini sudah support video dengan resolusi 4K. Nikmati kejernihan setiap adegan-adegan film dengan kualitas grafis yang memukau dan detail yang tinggi hanya di X550IK. Juga dengan equalizer SonicMaster dan AudioWizard yang dimilikinya, kegiatan seperti menonton film ataupun drama korea akan terasa sangat menakjubkan. Dengan kualitas suara yang dihasilkannya, serasa punya bioskop pribadi dirumah sendiri.

Laptop ini juga sangat cocok untuk segala profesi seperti desain grafis, editing video, ataupun pekerjaan lainnya, karena kecepatan processor dan RAM 8GB yang dimilikinya membuat aktifitas kamu semakin ngebut, multitasking tanpa lelet, dan semua orang bakal sangat mencintai pekerjaan dan aktifitasnya apabila ditemani oleh ASUS X550IK ini. Dijamin, taraf kehidupan kamu bakal naik ke level yang lebih tinggi karena ASUS X550IK yang menemanimu.

Dengan harga hanya sekitar Rp. 10.299.000 saja, kamu sudah bisa bersenang-senang ria bareng ASUS X550IK ini, dan ini saatnya menyerahkan segala urusan gaming dan aktifitas kamu pada ASUS X550IK ini, karena laptop ini diciptakan untuk semua orang. Orang-orang sangat membutuhkan peningkatan dalam hidupnya, dan ASUS X550IK adalah fasilitas yang tepat untuk mewujudkannya. Karena ASUS X550IK ini adalah, Laptop For Everyone!

Terima kasih yang sebesar-besarnya telah membaca postingan gue kali ini. Jangan lupa tinggalkan like, komentar, dan berlangganan sekarang untuk mendapatkan postingan terbaru dari blog gue. Kamu bisa lihat-lihat media library yang gue gunakan sebagai media dalam postingan gue, diambil dari situs web resmi ASUS, googling di Google, ataupun dokumentasi pribadi, yang gue kumpulkan dalam satu folder di Photobucket. Bisa dilihat disini

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD – Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com

20 thoughts on “Upgrade Your Gaming Experience To The Next Level with ASUS X550IK – Laptop For Everyone

  1. tulisannya keren .Selamat ya smartphone barunya. Gratis lagi, hahaha.Semoga berhasil juga untuk tulisan yang ini .jangan lupa follow dan kunbal .

    Like

  2. Asus emang yah, gak ada matinya. Temen2ku yg cowok, yg pada suka gaming juga rata2 pada ngomongin mau beli asus… baru tahap perencanaan beli asus, belum direalisasikan. Ini tulisan bagus buat ditunjukin ke mereka nih. Nambah-nambah referensi 😀

    Like

  3. Btw, gue baru aja beli asus nih! Gak baru2 banget sih, udah beberapa bulan yang lalu. *sombong dikit lah! 😀 😀
    Tapi ya masih dibawah 10 juta, gue cari yang bisa memenuhi kebutuhan kerjaan, hobi game and ngeblog aja untuk saat ini, yang penting pas dikantong. Hehe

    Semangat bro! Semoga menang. Gue ngintip ah, kali aja bisa ikutan klo ada ide. 😀

    Like

    1. Biasanya tuh kalau yang baru-baru beli laptop ASUS, buatin dong pos reviewnya di blog. Biar bisa pada bacain tuh kesan pertama dan pengalaman pakainya. Atau lu bisa ikutan lomba ini, tinggal sehari lagi deadlinenya, hehe.

      Like

  4. Wah dah lama tak maen kesini, sepertinya banyak perubahan. Terlebih domain ya, Mas..he

    Betul tuh, aku rasa juga gitu bakal ditolak mentah-mentah kalau minta duit segitu sama ortu..hehe
    Semoga bisa beli dan pake uang hasil keringat sendiri. Kalau hasil sendiri itu akan lebih puas.

    Yang jelas saat ini lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan.
    Memang sih aku lagi cari referensi untuk beli laptop. Entah kapan belinya, yang jelas menyesuaikan dengan dana sih..

    Ulasannya lengkap banget, Mas. Keren. Sukses selalu ya..

    Like

  5. Pastilah ya … para ortu dijamin ngamuk kalo kita minta banyak fasilitas buat nge-game. Wajarlah ya … secara ortu lebih mikirin hal yang terpenting daripada sekedar hobi kita. Thats why sebenarnya banyak fresh graduate yang udah kerja, akhirnya muas muasin hobi mereka yang tertunda.

    By the way, selamat untuk hadiah dari ngeblognya.

    Like

    1. Hehe, makasih ya. Tapi btw, curhatan gue soal laptop gaming itu cuma sekitar 10% dari maksud sebenarnya gue nulis postingan review ini. Tapi gue gak mau berburuk sangka ya. Mungkin aja kamu gak terlalu suka baca postingan review laptop yang ribet ulasannya, sehingga kebanyakan orang bakal ngeskip dan lompat-lompat. Tapi bagus deh, kamu jadi penyemangat gue untuk ngedit postingan ini jadi lebih baik lagi dan gak ngebosenin.

      Like

  6. Kualitas suara memang sony mumpuni ya. Btw, ulasannya bagus banget, detail, dan informatif. (disertai curhatan pribadi yang mendayu dayu,, hahaha). Kalau saya lagi cari rekomendasi laptop, pasti tergiur nih beli yang ini. Semoga menang lomba blognya.

    Like

  7. Ini mah laptop idaman semua orang sih. Main Zuma gak bakal ngelag lagi pake laptop ini. Gue juga jadi pengen upgade laptop juga. main zuma aja ngelag masaaa. Tapi dengan spesifikasi kayak gini, gak heran harganya cukup mahal. Karena pengalaman yang diberikan juga mantaapp.

    Like

  8. Gokill lengkap banget reviewnya. Gambarnya juga keren-keren. Wajarlah kalau tulisan sebelumnya instan menang Infinix. Bahasanya juga ngalir, khas anak muda banget. Salut deh gue sama lu bisa menang lomba blog di usia yang masih sangat muda angkat topi

    Semoga sama-sama menang bro, keep up the good work.

    Btw di bawah gue liat ada banner BE. Kebetulan yang menyenangkan, ini juga kayaknya kunjungan gue yang pertama ya. Salam kenal, gue Tyar.

    Like

    1. Tapi gue rasa lebih kerenan postingan lu sih, karena dokumentasi pribadi, dan keren-keren editan dan pengambilan gambarnya. Karena kita berdua tau, kalau itu bakal punya nilai plus tersendiri buat kita, iya gak?
      Iyanih, gue termasuk member lama di BE, cuman jarang nongol di dinding grup, jadi ga ada yang pernah tau kalau gue udah lama di sono.

      Salam kenal juga bro, gue Pieter. Alden itu cuma nama pena.

      Semoga dua buah laptopnya mendarat didepan rumah kita, bro.

      Like

Ada yang mau kamu utarakan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.